Tutorial Cara Membuat Blog melalui Platform WordPress

Tutorial Cara Membuat Blog melalui Platform WordPress

Cara membuat blog pertama kali Anda harus menentukan platform yang akan digunakan. Salah satu platform cukup populer adalah WordPress. Para pengguna banyak yang senang dengan platform tersebut.

Hal ini dikarenakan menawarkan berbagai macam keuntungan. Fitur-fitur di dalamnya mudah dipelajari oleh semua orang. Ditambah lagi tidak membutuhkan coding sehingga mudah untuk dioperasikan.

Panduan cara membuat blog dikemas dengan bahasa yang sederhana sehingga tidak sulit dipahami. Tentunya dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk membuat tampilan menjadi profesional.

Keahlian tersebut bisa menjadi sarana untuk menghasilkan uang. Misalnya dengan membuka jasa pembuatan blog, memasang iklan, promosi produk dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Membuat Blog dengan WordPress

Langkah-langkah membuatnya dimulai dengan mengunjungi web https://id.wordpress.com/ terlebih dahulu. Setelah muncul halaman, klik tombol buat situs web.

Anda akan dibawa ke sebuah halaman untuk memilih nama domain blog. Jika memakai versi gratis, format alamatnya namadomain.wordpress.com. Anda juga dapat menggunakan domain berbayar.

Biasanya jasa layanan domain ini juga sekaligus menyediakan paket hosting . Jika memilih ini maka akhiran nama domain tidak ada kata wordpress. Oleh karena itu, persiapkan nama domain dengan baik.

Cara membuat blog gratis selanjutnya klik “buat situs dan lanjutkan”. Setelah itu, akan menuju ke halaman yang berisi formulir. Isilah data pada kolom meliputi alamat situs, email, nama akun dan password.

Selanjutnya, klik di tombol “langkah berikutnya”. Anda atur tema blog sesuai selera dan dapat diganti kapan saja. Lalu, pilih paket yang tersedia bisa gratis atau premium.

Paket gratis dapat dinikmati seumur hidup, sedangkan untuk premium biasanya bersifat tahunan. Setelah memilih, akan diarahkan masuk ke halaman dashboard.

BACA JUGA :  Teknologi Industri Film yang Paling Digemari

Cara membuat blog berikutnya adalah melakukan berbagai pengaturan pada menu-menu di dashboard termasuk install plugin. Kini, Anda dapat memulai blogging dan membagikan tulisan.

Inilah Kelebihan Membuat Blog dari WordPress

Keuntungan menggunakan platform WordPress adalah bersifat fleksibel. Artinya tidak hanya mendukung aktivitas blogging saja, melainkan bisa untuk website hingga membangun toko online.

Ditambah lagi Anda dapat memakainya secara gratis tanpa harus membeli lisensi terlebih dahulu. Ribuan plugin yang tersedia juga bersifat gratis dan siapa saja dapat menggunakannya.

Cara membuat blog bagi pemula sangat direkomendasikan memilih WordPress sebagai platformnya karena bersifat user friendly. Anda dapat memasang lalu menjalankannya dalam hitungan menit saja.

Hal yang perlu dipersiapkan adalah domain dan akun web hosting. WordPress sangat disukai oleh SEO karena memiliki kode yang mudah. Dengan demikian, search engine lebih mudah untuk mengindeks dan membaca setiap konten.

Efeknya adalah akan memperoleh trafik banyak dari search engine dalam waktu cukup lama. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi semua pengguna.

Tampilan website terlihat bagus di semua perangkat sehingga memberikan kepuasan bagi pengunjung. Semua itu terwujud karena desain website pada WordPress bersifat responsif.

Cara membuat blog yang mobile friendly dapat memanfaatkan platform tersebut. Sekarang ini banyak orang yang mengakses blog memakai smartphone. Cara ini bisa menjadi strategi jitu meningkatkan trafik ke blog Anda.

Sekitar 50% lebih trafik di internet berasal dari perangkat mobile. Itulah alasan mengapa blog maupun website harus mobile friendly. Hal ini juga mempengaruhi ranking di halaman pencarian.

Anda tidak harus belajar tentang coding untuk membuat blog dan website sehingga menjadi pilihan tepat bagi para pemula. Selain itu, bersifat open source sehingga pihak developer dapat melakukan perubahan sendiri.

BACA JUGA :  Artificial Intelligence AI, Kecerdasan Buatan pada Sistem

Mengenal Fitur WordPress untuk Membuat Blog

Berikut ini adalah beberapa fitur yang sering dijumpai pada platform WordPress. Anda harus mengetahui terlebih dahulu masing-masing fitur beserta fungsinya.

  1. Post

Fitur ini merupakan tempat untuk membuat artikel yang akan diterbitkan. Apabila akan membuat tulisan baru maka klik add new. Lalu, jika ingin melihat semua artikel yang sudah diterbitkan pada website bisa klik all post.

  1. Pages

Cara membuat blog pada bagian pages, Anda dapat menuliskan deskripsi misalnya tentang kesehatan atau pendidikan sesuai niche. Selanjutnya cantumkan kontak dan privacy policy.

  1. Media

Fitur media bisa dimanfaatkan untuk menambahkan video dan gambar ke galeri. Selain itu, berfungsi mengedit atau menghapus gambar maupun video yang telah diunggah.

  1. Comments

Semua komentar dari pembaca akan ditampung pada fitur tersebut. Anda dapat melakukan pengaturan apakah komentar disetujui untuk terbit atau tidak.

Melalui fitur ini, Anda bisa memfilter setiap komentar yang masuk apakah layak tampil atau tidak. Selain itu, komentar juga dapat diatur agar tampil otomatis.

  1. Plugins

Di sinilah tempat untuk mengaktifkan dan menonaktifkan semua plugin. Keberadaannya sangat mendukung semua aktivitas kerja WordPress.

  1. Widgets

Cara membuat blog juga memerlukan widgets karena berperan dalam mengembangkan website. Misalnya untuk menambah navigasi maupun aksesoris di sidebar, header dan footer.

Selain itu, untuk menambahkan iklan, artikel baru atau javascript pada bagian tertentu di website. Popular post juga bisa ditambahkan pada sidebar.

  1. Themes

Fitur themes terletak pada menu Appearance. Fungsinya mengatur tema yang akan ditampilkan. Biasanya sudah tersedia beberapa tema yang bisa diedit sesuai keinginan atau Anda mengunggah sendiri dari komputer.

Mengenal Plugin yang Penting untuk Blog WordPress

Banyak sekali plugin yang tersedia di WordPress. Sebaiknya Anda hanya menginstall sesuai kebutuhan saja. Masing-masing plugin memiliki fungsi berbeda-beda.

BACA JUGA :  5 Cara Menghilangkan Virus Komputer

Apabila ingin meningkatkan trafik secara organik maupun dari mesin pencari maka harus mengoptimasi blog. Masalah yang sering dialami oleh pengguna baru adalah kesulitan memilih plugin untuk menaikkan peringkat di Google.

Cara membuat blog pada WordPress sangat direkomendasikan menginstall Yoast SEO. Anda diberi kemudahan untuk mengoptimasi setiap postingan artikel. Hasilnya, artikel menjadi lebih SEO friendly.

Selanjutnya, ada All in One SEO Pack yang memiliki berbagai fitur untuk membuat peringkat di mesin pencari meningkat. Contohnya seperti Google Analytics dan sitemap XML.

Apabila Anda menghendaki setiap postingan baru dapat diketahui oleh mesin pencari, maka gunakan Google XML Sitemaps. Plugin tersebut cocok digunakan untuk blog yang sifatnya komersil maupun pribadi tanpa dipungut biaya.

Artikel dapat menonjol pada hasil pencarian jika mengaplikasikan All in One Schema.org Rich Snippets. Sistem kerjanya yaitu membuat ringkasan artikel sehingga mempermudah search engine untuk menampilkan informasi gambar dan lain-lain.

Cara membuat blog agar memiliki kecepatan loading lebih cepat maka harus memasang WP Super Cache. Hal ini akan sangat disukai oleh pengunjung maupun search engine sehingga performanya menjadi meningkat.

Kehadiran Broken Link Checker membantu para penggunanya untuk memantau adanya kerusakan link pada website. Apabila ada link pada halaman, postingan atau komentar yang rusak maka bisa langsung diperbaiki dengan cepat.

Rel Nofollow Checkbox berperan menambahkan checkbox nofollow di link pada artikel. Plugin tersebut berfungsi ketika Anda tidak mau memberi backlink ke link tujuan.

WordPress masih menjadi platform terbaik untuk blog. Langkah-langkah membuatnya sangat mudah karena tanpa coding. Pelajari cara membuat blog dan fungsi dari setiap menu di dasboard.

Leave a Reply

Your email address will not be published.