Kelebihan Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui

Ada banyak sekali kelebihan mobil listrik yang mungkin membuat Anda mempertimbangkan untuk membeli jenis mobil satu ini. Dalam beberapa tahun terakhir pemerintah Indonesia menggalakkan masyarakat untuk membeli mobil listrik.

Tidak mengherankan dalam beberapa tahun terakhir ada banyak sekali masyarakat yang tertarik untuk membeli mobil listrik. Walaupun memiliki banyak kelebihan, mobil listrik juga ternyata memiliki beberapa kekurangan.

Selain harganya yang yang kurang terjangkau untuk seluruh kalangan, mobil listrik juga cukup merepotkan jika terjadi kehabisan baterai di tengah jalan. Hal ini dikarenakan di Indonesia belum terdapat tempat-tempat untuk melakukan pengisian mobil listrik.

Akan tetapi, dengan segala kelebihan mobil listrik, mobil ini tetap pantas untuk Anda pertimbangkan jika ingin membeli mobil baru. Karena mungkin dalam beberapa tahun kedepan mobil listrik akan menjadi prioritas karena memang sangat minim dengan polusi dan juga hemat energi.

Saat ini, negara-negara maju juga menggalakkan untuk masyarakat yang menggunakan mobil listrik. Salah satu alasan utamanya yaitu adalah untuk mengurangi polusi udara yang terjadi di kota-kota besar akibat asap kendaraan bermotor.

Pemerintah Indonesia sendiri juga memberikan beberapa keuntungan kepada masyarakat yang mengendarai kendaraan listrik. Akan tetapi, karena harganya yang memang kurang terjangkau membuat sebagian besar orang yang belum mampu menikmati mobil listrik.

Terlebih lagi prasarana di Indonesia sendiri masih kurang mendukung untuk menggunakan mobil listrik. Mungkin nantinya ketika prasarana sudah mendukung, Akan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli mobil listrik.

Ini Keuntungan Membeli Mobil Listrik

Sebelum membahas mengenai kelebihan mobil listrik, kami akan memberitahu Anda beberapa keuntungan ketika memiliki mobil listrik. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan mobil listrik.

  1. Biaya perawatan yang lebih murah

Salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan mobil listrik yaitu adalah biaya perawatan yang lebih murah dibandingkan dengan mobil konvensional.

BACA JUGA :  NoonGil Revolusi Industri 4.0 Drama Start-Up

Hal Ini dikarenakan kelebihan mobil listrik, Anda tidak perlu untuk melakukan penggantian oli dan lain sebagainya. Anda hanya perlu melakukan pengecekan secara berkala terhadap komponen-komponen kelistrikan yang ada.

Di era modern seperti saat ini sepertinya Anda perlu menghemat segala sesuatu untuk menjaga keuangan tetap sehat. Menggunakan kendaraan yang bertenaga listrik bisa menjadi salah satu solusi untuk menghemat pengeluaran di era modern.

  1. Tidak perlu membeli bensin

Salah satu keuntungan yang sudah jelas akan Anda rasakan itu adalah tidak perlu membeli bahan bakar. Karena bahan bakar disini fungsinya digantikan dengan energi listrik.

Ini merupakan salah satu kelebihan mobil listrik yang bisa membuat Anda semakin hemat ketika menggunakan mobil ini. Karena sebenarnya jika di kalkulasi biaya untuk membayar listrik itu jauh lebih murah dibandingkan harus mengeluarkan biaya untuk membeli bensin.

Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa ada beberapa orang yang memutuskan baru pindah dari mobil konvensional ke mobil listrik. Walaupun mungkin beberapa orang masih khawatir jika nantinya terjadi kehabisan daya di tengah perjalanan.

  1. Mendapatkan keuntungan dari pemerintah

Sebagai salah satu usaha pemerintah untuk mendorong masyarakat membeli mobil listrik yaitu adalah dengan memberikan beberapa keuntungan. Salah satunya yaitu adalah pengguna mobil listrik bisa terbebas dari aturan ganjil genap.

Ini tentunya membuat Anda tidak perlu membeli dua mobil agar bisa beraktivitas dengan nyaman. Selain itu ada sumber yang menyebutkan jika membeli mobil listrik dengan pinjaman bank maka akan mendapatkan diskon sebesar 3,8%.

Berbagai Macam Kelebihan Mobil Listrik

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika mobil listrik memiliki banyak kelebihan yang membuatnya cukup diminati oleh masyarakat saat ini. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mobil listrik yang mungkin membuat Anda mempertimbangkan untuk membelinya.

  1. Ramah lingkungan
BACA JUGA :  Tips Memilih Laptop Terbaik 2022

Kelebihan mobil listrik yang pertama yaitu adalah ramah lingkungan. Tidak bisa dipungkiri jika salah satu penyumbang terbesar polusi udara di kota-kota besar yaitu adalah asap dari kendaraan bermotor.

Dengan menggunakan mobil listrik yang tidak mau menimbulkan gas buang tentunya akan menjaga lingkungan dari polusi udara. Apalagi beberapa kota besar di Indonesia sudah memiliki Polusi udara yang cukup parah.

Oleh karena itu, dengan membeli mobil listrik, Anda juga berperan dalam menjaga lingkungan agar tetap sehat. Apalagi dengan menggunakan mobil listrik Anda juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar.

  1. Suara mobil tidak bising

Kelebihan mobil listrik yang selanjutnya yaitu adalah tidak menimbulkan suara bising. Bisa dikatakan jika mobil listrik hampir tidak memiliki suara mesin.

Jika dibandingkan dengan mobil konvensional bisa dikatakan suara mobil listrik jauh lebih kecil dan membuat pengendara lebih nyaman ketika mengendarai nya.

Dengan suara mobil yang tidak bising juga tidak akan mengganggu tetangga atau pengendara lain. Ini merupakan salah satu mobil yang sangat mengutamakan kenyamanan bagi para penggunanya.

  1. Akselerasi yang cepat

Kelebihan mobil listrik yang ketiga yaitu adalah bisa melakukan akselerasi dengan cepat. Saat ini akselerasi yang dimiliki oleh mobil listrik tidak kalah dengan mobil-mobil konvensional.

Ada beberapa produsen mobil yang menciptakan mobil listrik dengan akselerasi 3 detik untuk mencapai kecepatan 100 km per jam. Oleh karena itu sepertinya kecepatan bukan menjadi kendala berarti ketika menggunakan mobil listrik.

Banyak Produsen Mobil Menyediakan Mobil Listrik dengan Harga yang Cukup Terjangkau

Dengan berbagai macam kelebihan mobil listrik, ada banyak masyarakat yang tertarik untuk memilikinya. Akan tetapi sayangnya mungkin terkendala dengan harga yang terlalu mahal sehingga beberapa kalangan tidak mampu untuk membelinya.

BACA JUGA :  5 Cara Menghilangkan Virus Komputer

Kabar bahagianya adalah saat ini ada beberapa produsen mobil yang menciptakan mobil listrik dengan harga yang masih bisa dikatakan cukup terjangkau. Saat ini sudah ada banyak produsen mobil yang mulai melirik mobil listrik sebagai market yang cukup menjanjikan.

Saat ini Anda bisa mendapatkan mobil listrik dengan harga sekitar 500 juta Rupiah. Jika Anda ingin mendapatkan harga yang lebih murah mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik second atau bekas, itu kelebihan mobil listrik yang perlu diketahui.

Karena biasanya mobil second atau bekas memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga barunya. Dalam beberapa tahun ke depan mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik.

Banyak Teknologi Canggih Tersemat Pada Mobil Listrik

Salah satu kelebihan mobil listrik yang membuat harganya cukup mahal yaitu adalah berbagai macam teknologi canggih yang bersama di dalamnya. Bisa dikatakan jika mobil listrik ini sangat nyaman untuk dikendarai sehari-hari.

Salah satu mobil listrik yang memiliki banyak sekali fitur canggih yaitu adalah Tesla. Tesla merupakan salah satu mobil listrik yang sangat populer di dunia dan beberapa orang di Indonesia juga telah memilikinya.

Selain faktor kenyamanan mobil listrik juga ternyata sangat aman untuk dikendarai. Bahkan beberapa produsen mobil listrik telah menciptakan fitur-fitur keselamatan yang lengkap untuk menjamin pengemudinya tetap aman ketika terjadi kecelakaan.

Industri mobil listrik semakin dilirik oleh banyak sekali produsen mobil. Ada banyak orang yang mengatakan jika mobil listrik ini merupakan mobil masa depan. Salah satu alasan utama yaitu kelebihan mobil listrik yang tidak memiliki emisi gas buang dan juga hemat dengan energi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.