Cara Merawat HP Supaya Anti Lelet

Cara Merawat HP Supaya Anti Lelet

Cara merawat HP yang baik dan benar sangat penting untuk Anda ketahui, sehingga nantinya HP Anda bisa bertahan dalam waktu yang lama. Saat ini HP merupakan salah satu kebutuhan orang-orang untuk beraktivitas atau bekerja sehari-hari.

Tidak mengherankan, jika ada banyak orang yang merasa kesal ketika HP lelet atau lemot. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu ketika terjadi pada kondisi-kondisi penting. Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan HP Anda menjadi lelet. Salah satunya yaitu adalah cara pemakaian yang tidak benar atau tidak tepat.

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat HP agar nantinya performanya tetap baik walaupun sudah digunakan pada waktu yang lama. Karena sebagian besar barang elektronik akan mengalami penurunan performa jika digunakan dalam waktu yang lama.

Penurunan performa pada barang elektronik sangat wajar, apalagi untuk barang seperti HP. Jika tidak dirawat dengan baik bukan tidak mungkin hanya dalam beberapa tahun saja kinerja HP Anda sudah menurun drastis.

Tentunya akan sangat disayangkan jika ada harus membeli HP baru padahal mungkin jika dirawat dengan baik Anda bisa lebih menghemat dan menggunakan uang untuk keperluan yang lebih penting.

Berbagai Macam Hal yang Bisa Menyebabkan HP Anda Menjadi Lelet

Sebelum membahas bagaimana cara merawat HP agar tidak lemot, kami akan memberitahu beberapa hal yang bisa menyebabkan HP Anda menjadi lelet atau lemot.

  1. Memori internal penuh

Salah satu hal yang biasanya menyebabkan HP menjadi lelet yaitu memori internal penuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memastikan jika memori internal tidak penuh oleh file yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan atau tidak digunakan.

BACA JUGA :  5 Cara Menghilangkan Virus Komputer

Karena biasanya, ketika memori internal penuh maka kinerja HP akan menurun secara drastis. Saat ini ada banyak orang yang membosankan untuk menyimpan banyak file pada hp sedangkan ukuran memori tidak memadai.

Ini biasanya terjadi pada orang-orang yang gemar untuk melakukan foto selfie atau juga menyimpan video atau film di HP. Tidak disarankan untuk menyimpan file besar pada memori internal karena dapat mengganggu kinerja dari HP itu sendiri ketika memori sampai kebutuhan.

  1. Menggunakan terlalu banyak aplikasi

Penyebab selanjutnya yaitu adalah Anda terlalu banyak menggunakan aplikasi. Ketika terlalu banyak menggunakan aplikasi itu juga akan memakan banyak ruang penyimpanan pada ponsel Anda.

Salah satu cara merawat HP yaitu adalah menggunakan sesuai dengan kapasitasnya. Oleh karena itu, Tidak mengherankan jika HP dipaksa untuk bekerja diluar kapasitasnya maka akan menjadi lelet atau lemot.

  1. Performa baterai menurun

Penyebab yang ketiga yaitu adalah performa baterai menurun. Hal ini sangat umum Ketika Anda tidak mengisi daya baterai dengan benar. Saat ini ada banyak orang-orang yang menggunakan HP sambil melakukan pengisian daya.

Ini tentunya sangat tidak disarankan karena dapat membuat kinerja dari baterai menurun secara drastis. Apalagi jika Anda melakukan pengisian daya sambil digunakan untuk melakukan aktivitas berat seperti bermain game.

Cara Merawat HP Agar Tidak Lelet

Salah satu hal yang sering menjadi masalah bagi para pengguna ponsel yaitu adalah kinerjanya yang lewat atau lemot. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP yang kinerjanya sudah menurun atau lelet.

  1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan atau jarang digunakan

Cara merawat HP agar tidak lelet yang pertama yaitu adalah menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau jarang digunakan. Ketika aplikasi terlalu banyak nantinya akan menyebabkan memori internal menjadi cepat penuh.

BACA JUGA :  Artificial Intelligence AI, Kecerdasan Buatan pada Sistem

Hal ini akan menyebabkan penurunan performa HP Anda. Karena biasanya, ketika memori internal penuh maka kinerja akan menurun dan semakin lelet ketika digunakan.

Oleh karena itu, salah satu solusi terbaik jika Anda tidak ingin mengganti HP yaitu adalah denganmu hapus beberapa aplikasi yang mungkin tidak digunakan. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli HP baru.

  1. Lakukan pembersihan chace secara berkala

Cara merawat HP yang ketiga yaitu adalah dengan melakukan pembersihan cache secara berkala. Cache yang banyak juga bisa menyebabkan HP Anda menjadi lemot.

Usahakan untuk membersihkan satu secara rutin paling tidak satu minggu sekali agar nantinya cache tidak memenuhi memori Anda.

  1. Lakukan update aplikasi

Bukan update aplikasi juga merupakan salah satu cara merawat HP agar menjadi tidak lemot. Karena ketika Anda menggunakan aplikasi-aplikasi lama yang tidak pernah diupdate bukan tidak mungkin ini yang menjadi penyebab HP Anda bekerja terlalu lambat.

  1. Pindahkan file besar ke memori eksternal

Cara merawat HP agar tidak lelet selanjutnya yaitu adalah memindahkan beberapa file besar yang ada di memori ke memori eksternal. Misalkan saja Anda bisa menyiapkan SD card dengan ukuran yang besar untuk menampung file-file yang berada pada memori internal.

Jadi Anda hanya menggunakan memori internal untuk menyimpan beberapa file penting. Ini sangat penting karena memori internal sedang memiliki beban untuk menyimpan sistem operasi pada HP Anda.

Dengan memindahkan beberapa file akan memberikan beberapa space, agar nantinya memori internal tidak cepat penuh. Atau cara alternatif nya ada juga bisa memindahkan file yang ada pada memori internal ke laptop yang memiliki ruang penyimpanan lebih besar.

Cara Merawat HP Agar Tidak Cepat Rusak

Melakukan perawatan yang baik pada HP akan membuat HP Anda menjadi lebih tahan lama. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar nantinya HP Anda bisa bertahan pada waktu yang lama tanpa penurunan performa yang berlebihan.

  1. Melakukan pengisian daya dengan cara yang tepat
BACA JUGA :  Teknologi Industri Film yang Paling Digemari

Cara merawat HP agar tidak cepat rusak yang pertama yaitu ke dalam melakukan pengisian daya dengan cara yang tepat. Pastikan jika Anda menggunakan charger original dan tidak menggunakan HP ketika sedang melakukan pengisian daya.

  1. Gunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi HP

Sangat penting bagi Anda untuk menggunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi HP. Ini sangat penting agar nantinya HP tidak bekerja terlalu keras apalagi bekerja melebihi batas kemampuannya.

  1. Berhenti menggunakan HP ketika sudah panas

Ketika HP Anda panas sebaiknya berhenti terlebih dahulu agar nantinya tidak merusak beberapa komponen. Karena ketika terus memaksakan untuk digunakan ketika sudah panas bukan tidak mungkin akan menyebabkan beberapa komponen yang rusak.

Keuntungan Merawat HP dengan Baik dan Benar

Salah satu hal yang menjadi masalah orang-orang ketika membeli alat elektronik yaitu adalah tidak bisa menjaganya dengan baik. Tidak sedikit orang yang menggunakan alat elektronik dengan cara merawat HP yang asal-asalan.

Hal ini Tentunya tidak disarankan karena bisa menyebabkan barang elektronik menjadi cepat Rusak atau kinerja nya menurun secara drastis. Padahal jika dirawat dengan baik akan memberikan banyak sekali keuntungan.

Seperti misalnya yaitu adalah bisa menghemat biaya Untuk tidak membeli yang baru. Selain itu, itu ketika nantinya akan dijual lagi juga harganya tentunya tidak akan turun secara drastis. Karena pada umumnya ketika barang elektronik ketika dijual lagi harganya akan turun secara gratis apakah jika sudah terdapat beberapa kerusakan.

Cara merawat HP dengan baik dan benar penting untuk Anda ketahui agar nantinya HP yang Anda miliki bisa bertahan pada waktu yang lama dan juga memiliki performa yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.