5 Cara Menghilangkan Virus Komputer

5 Cara Menghilangkan Virus Komputer

Cara menghilangkan virus komputer wajib diketahui untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak menyenangkan. Perangkat tersebut memiliki fungsi sangat penting, terutama bagi pekerja maupun pelajar.

Jika rusak maka Anda akan kehilangan data penting di dalamnya. Oleh karena itu, Anda wajib mengenali ciri-ciri adanya infeksi virus beserta cara penanganannya sehingga berbagai file penting terselamatkan.

Pengguna dianjurkan mengetahui langkah-langkah apa saja yang bisa mencegah infeksi tersebut. Diharapkan dengan mengetahui cara menghilangkan virus komputer ini, akan meminimalisir kerusakan pada perangkat.

Ciri-ciri Komputer sedang Terinfeksi Virus

Ada beberapa tanda yang muncul saat ada infeksi virus pada perangkat. Anda harus mengenalinya agar bisa segera melakukan tindakan pencegahan. Kehadirannya dapat menonaktifkan antivirus yang terpasang.

Akibatnya, komputer tidak lagi memiliki sistem keamanan sehingga kinerjanya menjadi lambat. Contohnya ketika proses menghidupkan maupun shutdown memakan waktu cukup lama.

Lalu, jika ingin membuka program atau aplikasi baru prosesnya juga lama. Anda bisa memastikan dengan mengecek memori pada RAM atau hardisk.

Jika keduanya dalam kondisi tidak baik dan ada pengurangan memori maka segera lakukan cara menghilangkan virus komputer. Dengan demikian, kinerjanya akan kembali normal.

Jika tidak diatasi akan memakan banyak ruang, memori hardisk dan RAM berkurang. Format hardisk juga dapat berubah sehingga tidak berfungsi normal. Selain itu, membuat CPU bekerja keras sehingga menjadi panas.

Apabila jumlahnya sudah banyak, maka akan menyebabkan komputer sering mengalami mati mendadak atau tiba-tiba restart. Bahkan, dalam beberapa kasus komputer tidak bisa dipakai karena hang.

Ciri berikutnya adalah tiba-tiba muncul banyak iklan. Anda harus waspada karena bisa jadi ada malware lain yang merusak sistem menjadi semakin parah. Cara mengatasinya yaitu jangan pernah mengklik semua iklannya.

BACA JUGA :  Robot Pengganti Manusia ?

Beberapa file juga bisa hilang atau tersembunyi. Pada contoh ini, cara menghilangkan virus komputer bisa dengan melakukan scan. Setelah itu, folder atau file biasanya akan muncul kembali.

Namun, file tersebut tidak dapat diakses. Cara mengakses filenya yaitu membutuhkan command prompt. Tujuannya agar atribut hidden and archive bisa dihilangkan.

Munculnya file-file aneh perlu diwaspadai karena sangat mengganggu. Biasanya pengguna tidak menyadari kehadirannya. Contohnya file dengan extensi .CONF, .EXE dan lain sebagainya.

5 Cara Menghilangkan Virus Komputer tanpa Ribet

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi virus. Dengan demikian, komputer bisa digunakan seperti biasanya tanpa ada gangguan.

  1. Scan dengan Antivirus

Cara menghilangkan virus komputer ini paling mudah dibandingkan lainnya. Sekarang ini banyak tersedia antivirus yang bisa diunduh tanpa harus membayar. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Bukalah jenis antivirus yang dipasang. Selanjutnya, masuk ke halaman depan dan pilih scanning semua data. Anda dianjurkan untuk melakukan update antivirus secara rutin agar menjaga keamanan setiap perangkat.

  1. Format Partisi

Penyebaran virus terjadi sangat cepat sehingga menginfeksi seluruh partisi. Oleh karena itu, untuk mengatasinya bisa melakukan format partisi.

Langkah-langkahnya yaitu, Anda buka file explorer terlebih dahulu. Arahkan kursor pada drive yang akan diformat, lalu klik kanan. Pilih format dan akan ditampilkan jendela konfirmasi.

Setelah melakukan konfirmasi, tunggu sampai prosesnya selesai. Sebaiknya, lakukan backup data agar tidak kehilangan file-file penting di dalamnya.

  1. Memakai Windows Defender

Cara menghilangkan virus komputer berikutnya yaitu memakai windows defender. Program anti malware tersebut sudah disediakan karena termasuk sistem bawaan.

Anda cari menu setting, lalu pilih update & security. Selanjutnya, memilih virus & threat protection dan terakhir klik pada advanced scan.

  1. Menghapus Software yang Mencurigakan
BACA JUGA :  3 Cara Mengompres Ukuran Foto Dengan Mudah

Apabila ditemukan program mencurigakan sebaiknya segera hapus. Langkah pengecekannya melalui file explorer dan pilih this PC. Anda pilih computer, lalu uninstall or change a program.

  1. Melakukan Install Ulang

Cara menghilangkan virus komputer dengan instal ulang menjadi alternatif terakhir. Hal ini dikarenakan memiliki resiko cukup besar, Anda akan kehilangan semua data dan software. Perangkat menjadi kosong seperti masih baru.

Tips Mencegah Komputer Terkena Virus

Ada beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan seperti menginstal antivirus yang dapat diunduh secara gratis. Contohnya antara lain AVG, Avast, Avira, Bitfender antivirus, Panda free antivirus dan lain-lain.

Cara menghilangkan virus komputer sangat efektif jika menggunakan antivirus dan tergolong mainstream. Dengan demikian, perangkat tersebut akan selalu terlindungi.

Anda dianjurkan juga melakukan pemindaian menggunakan anti malware dengan rutin. Tujuannya untuk mencegah munculnya program-program yang mengganggu akibat serangan malware.

Pastikan juga sistem operasi selalu diupdate secara berkala. Misalnya software Adobe Flash, Adobe Acrobat, Java dan lain sebagainya. Upaya ini dilakukan guna meningkatkan keamanan.

Bagi yang sering berbagi file menggunakan hardisk eksternal maupun flashdisk, alangkah baiknya untuk melakukan scan sebelum ditancapkan. Tujuannya agar mencegah kerusakan file, pengurangan memori dan lain-lain.

Waspada jika menemukan file autorun, sebaiknya jangan melanjutkan aktivitas dengan flashdisk tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah menonaktifkan fitur autorun.

Cara menghilangkan virus komputer dan mencegahnya adalah tidak boleh membuka link secara sembarangan. Biasanya pada facebook, email maupun sms sering ada pesan masuk berisi sebuah link.

Anda perhatikan siapa pengirim link tersebut. Tidak menutup kemungkinan link itu berisi virus. Jika diklik akan mempengaruhi kinerja komputer hingga mengakibatkan rusak.

Apabila menginstal sebuah software maka berhati-hatilah, apalagi jika diunduh gratis melalui website file sharing. Pastikan terlebih dahulu software aman untuk diunduh dan tidak mengandung program berbahaya.

BACA JUGA :  Cara Menjadi Pro Gamer Esport

Jangan sampai setelah menginstal software terserang ransomware, trojan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pilihlah website dengan reputasi bagus. Apabila website terlihat mencurigakan maka Anda tidak boleh mengunjunginya.

Metode untuk Menghilangkan Virus Tanpa Antivirus

Beberapa cara menghilangkan virus komputer seperti menggunakan command prompt termasuk anti mainstream. Perhatikan setiap langkahnya dengan baik agar meminimalisir kesalahan.

Klik start, lalu ketik cmd. Anda klik kanan , kemudian pilihlah run as administrator. Apabila ingin menuju drive D, silahkan ketik dir D: attrib -s -h /s /d, terakhir Anda tekan enter.

Pemeriksaan pada drive lain dilakukan dengan langkah sama. Namun, huruf D silahkan diganti sesuai lokasi drive. Setelah itu, command prompt melakukan eksplorasi pada drive yang dituju.

Carilah file dengan format seperti .EXE dan sebelumnya tidak pernah diinstal. command prompt untuk membantu menghapusnya. Jika sulit dihapus, maka carilah melalui run.

Pilih menu start, kemudian berturut-turut klik run, regedit, edit dan terakhir find. Anda ketikkan nama file yang tadi ditemukan, lalu semua registry Anda hapus.

Cara menghilangkan virus komputer selanjutnya yaitu melalui task manager. Tekan CTRL + SHIFT + ESCAPE untuk membukanya. Matikan jenis layanan yang mencurigakan.

Anda jalankan MSConfig, masuk ke system configuration, lalu pilih service. Hapus kolom centang jika ada yang mencurigakan. Selanjutnya, klik startup dan tandai file mencurigakan. Terakhir hapus dengan bantuan commond prompt.

Berbagai upaya dapat dilakukan agar melindungi komputer dari bahaya virus. Apabila sudah terlanjur terinfeksi, banyak cara menghilangkan virus komputer yang bisa dipilih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.