4 Cara Melacak Ponsel yang Hilang

4 Cara Melacak Ponsel Yang Hilang

Kini, Anda dapat melacak ponsel yang hilang menggunakan aplikasi mobile smartphone. Jadi, smartphone milik Anda bisa saja diketemukan dalam keadaan mati sekalipun. Akan tetapi, Anda harus mengetahui apa aplikasi smartphone yang membantu melacak ponsel.

Dengan begitu, Anda tetap berkesempatan menemukan ponsel pintar pribadi yang lokasinya tidak diketahui. Tidak perlu khawatir, aplikasi yang digunakan untuk mencari titik lokasi ponsel Anda ini dapat diakses secara gratis.

Jadi, tidak usah panik jika ponsel Anda tidak diketemukan. Sebab, aplikasi smartphone ini dapat melacak ponsel yang hilang hingga mengetahui titik lokasi dari ponsel pribadi. Untuk dapat menggunakan aplikasi smartphone ini, maka ketahui cara unduh serta mengoperasikannya.

Sebelum melakukan pengunduhan, bandingkan apa saja aplikasi smartphone yang membantu pengguna untuk melacak ponsel. Sebab, masih banyak aplikasi palsu yang berisikan virus untuk mengambil data-data milik pengguna smartphone.

Maka, lakukan pertimbangan dengan matang untuk menggunakan aplikasi tersebut. Ada beberapa faktor-faktor yang harus Anda ketahui untuk memilih jenis aplikasi smartphone guna melacak lokasi dari ponsel pribadi.

Faktor untuk Mengunduh Aplikasi guna Melacak Ponsel yang Hilang

Sebelum melakukan pengunduhan aplikasi, maka ada berbagai faktor yang menjadi pertimbangannya. Pasalnya, banyak pengguna smartphone merasa tertipu karena mendownload dan menginstall aplikasi yang tidak direkomendasikan.

Maka tidak heran developer aplikasi memasukkan virus untuk mengunduh data-data pribadi yang tersimpan pada galeri smartphone. Tercatat, ada banyak faktor untuk memilih aplikasi yang digunakan untuk melacak posisi ponsel yang hilang, baik dalam keadaan menyala atau mati.

Faktor pertama, ketahui terlebih dahulu apa saja rekomendasi aplikasi untuk melacak ponsel yang hilang. Pasalnya, ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store serta App Store untuk melacak posisi smartphone hilang.

BACA JUGA :  Cara Menyadap WhatsApp Pasangan

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan rekomendasi untuk memilih aplikasi mobile yang memiliki fungsi melacak lokasi ponsel yang hilang. Faktor kedua, lihat rating bintang pada aplikasi yang akan Anda unduh. Pasalnya, tidak semua aplikasi ini direkomendasikan.

Pastikan aplikasi dengan rating bintang tertinggi digunakan untuk melacak ponsel yang hilang. Jika Anda mengabaikan rating bintang, maka dapat dipastikan jika aplikasi tersebut dikelola oleh developer abal-abal.

Faktor ketiga, lihat ulasan komentar pada aplikasi yang tersedia di Google Play Store maupun App Store. Pengguna yang telah mendownload aplikasi tersebut tentu meninggalkan komentar terkait penggunaan aplikasi.

Jika aplikasi tersebut mendapat komentar bernada positif, maka aplikasi tersebut memang dikelola oleh developer terpercaya. Jika aplikasi tersebut mendapat komentar bernada negatif, maka aplikasi tersebut dikelola oleh developer abal-abal.

Faktor keempat, pastikan Anda tidak menginstall aplikasi melalui sumber tidak dikenal. Memang, banyak developer yang mengunggah file aplikasi melalui open source. Sehingga, file aplikasi dari open source ini biasanya berisikan virus yang ditanam oleh developer.

Daftar Aplikasi untuk Melacak Ponsel yang Hilang

Tercatat, ada berbagai jenis aplikasi yang berfungsi untuk melacak posisi ponsel. jadi, ponsel pribadi milik Anda yang hilang dapat ditemukan dengan menggunakan bantuan aplikasi smartphone.

Maka dari itu, ini dia daftar rekomendasi aplikasi untuk melacak ponsel yang hilang. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Google Maps

Google Maps merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk menunjukkan jalan. Namun ternyata, Google Maps memiliki fitur untuk mengetahui lokasi ponsel.

Pasalnya, Google Maps memiliki fitur My Location, Driving Direction, dan Business Listing. Ketiga fitur tersebut dapat digunakan untuk melacak posisi ponsel, baik dalam keadaan hidup maupun mati.

  1. Google Android Device Manager
BACA JUGA :  Aplikasi untuk Penulis Terbaik Pemula

Google Android Device Manager (ADM) juga berfungsi untuk melacak ponsel yang hilang. Hanya saja, aplikasi Google Android Device Manager (ADM) ini kompatibel dengan smartphone dengan sistem operasi Android saja.

  1. Find My Device

Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah Find My Device. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengunci ponsel dari jarak jauh. Sehingga, seseorang tidak dapat menggunakan smartphone milik Anda yang hilang.

Untuk menggunakannya, pastikan data mobile smartphone dalam keadaan menyala. Jika tidak, maka aplikasi Find My Device ini tidak dapat digunakan mengetahui lokasi terakhir ponsel Anda.

  1. Family Locator

Rekomendasi selanjutnya adalah Family Locator. Aplikasi ini berfungsi untuk melacak ponsel yang hilang dengan mudah dan gratis. Untuk menggunakannya, pastikan keluarga terdekat sama-sama memiliki aplikasi ini.

Sehingga, Anda dapat mengetahui dimana lokasi terakhir ponsel yang hilang. Aplikasi ini tetap mengetahui lokasi ponsel meskipun dalam keadaan mati.

Tutorial Cara Melacak Ponsel yang Hilang Menggunakan Aplikasi Smartphone

Setelah mengetahui rekomendasi aplikasinya, maka segera pelajari cara mengoperasikannya. Sebab, setiap aplikasi memiliki fitur dan cara penggunaan yang berbeda-beda. Dengan begitu, maka Anda dapat mencari lokasi terakhir ponsel pribadi.

Jika menggunakan Google Maps, masuk ke menu “setting” dan gunakan menu bagi lokasi. Pilih menu orang dan masukkan alamat serta nomor telepon milik Anda. Klik bagikan dan tunggu 24 jam untuk mengetahui lokasi smartphone.

Apabila Anda menggunakan aplikasi Google Android Device Manager, maka login akun Gmail terlebih dahulu. Kemudian, klik pilihan smartphone yang terkoneksi dengan aplikasi Google Android Device. Lalu, Anda akan menemukan lokasi terakhir smartphone.

Dan bila Anda menggunakan aplikasi Find My Device untuk melacak ponsel yang hilang, maka segera masuk aplikasi web browser. Lalu, login akun dan kunci smartphone dari jarak jauh. Setelah itu, Anda akan melihat lokasi smartphone.

BACA JUGA :  Mengenal APK WhatsApp MOD 2022

Segera datangi lokasi tersebut untuk mencari ponsel pribadi yang hilang. Jika Anda menggunakan aplikasi Family Locator, maka pastikan keluarga terdekat menginstall aplikasi tersebut. Buka aplikasi Family Locator. Langsung cek lokasi smartphone Anda pada aplikasi Family Locator.

Tips Memilih Aplikasi untuk Melacak Ponsel yang Hilang

Memang, kami merekomendasikan 4 aplikasi untuk mengetahui lokasi ponsel yang hilang. Namun, Anda dapat memilih salah satunya. Untuk itu, ada beberapa tips dalam memilih aplikasi.

Pasalnya, tidak semua aplikasi ini kompatibel dengan smartphone Anda. Jadi, Anda harus mengetahui tips-tips dalam memilih aplikasi. Tips yang pertama, pastikan smartphone pribadi telah terinstall beberapa aplikasi khusus, seperti Find My Device maupun Family Locator.

Sebab, kedua jenis aplikasi tersebut dapat Anda gunakan untuk melacak ponsel yang hilang. Akan tetapi, pastikan smartphone milik Anda telah terinstall kedua jenis aplikasi tersebut. Jika tidak, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut tidak berfungsi.

Tips yang kedua, pastikan Anda telah mengetahui syarat-syarat untuk menggunakan aplikasi tersebut. Pasalnya, beberapa aplikasi, seperti Google Android Device Manager (ADM) ini hanya berfungsi jika akun Gmail juga tertaut pada smartphone yang hilang.

Apabila smartphone tersebut tidak tertaut dengan Gmail pribadi, maka aplikasi Google Android Device Manager ini tidak dapat membagikan lokasi terakhir smartphone. Oleh karena itu, gunakan akun Gmail pribadi untuk ponsel kesayangan Anda.

Tentu Anda akan merasa kebingungan jika ponsel pribadi hilang. Terlebih posisi smartphone dalam keadaan mati. Tentu Anda akan kesulitan untuk melacak lokasi terakhir dari smartphone tersebut.

Sehingga, Anda membutuhkan bantuan aplikasi khusus yang harus terinstall pada smartphone dari kerabat terdekat. Maka dari itu, ketahui rekomendasi aplikasi untuk melacak ponsel yang hilang beserta caranya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.