download video Instagram

6 Cara Mudah Download Video Instagram

Cara download video Instagram merupakan informasi yang banyak dicari oleh penggunanya. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Pasalnya kita tidak dapat mendownload konten Instagram secara langsung, sehingga diperlukan bantuan aplikasi maupun situs khusus.

 

Fitur yang diberikan hanyalah berbagi link ke perangkat lain serta penyimpanan dalam gallery IG, bukan perangkat. Jadi, Anda harus membuka aplikasi ini terlebih dahulu untuk melihat postingan yang tersimpan tersebut.

 

Mengunduh konten yang ada di IG memang memiliki cara khusus. Sebelum mengetahui caranya, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan aplikasi ini, serta manfaat pengunggahan videonya bagi pengguna lain.

 

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Instagram Penting Diketahui

 

Kelebihan aplikasi ini yaitu memiliki banyak fitur menarik. Bukan hanya untuk mengunggah foto maupun video saja, tapi juga ada fitur lainnya seperti filter, emoticon, stiker dan lain-lain. Namun sayangnya untuk download video Instagram diperlukan bantuan pihak ketiga.

 

Kelebihan selanjutnya yaitu mempunyai pengaturan privasi. Jadi, Anda dapat mengunci profil akun IG, sehingga hanya bisa di akses oleh orang tertentu saja. Aplikasi ini juga mempunyai akun bisnis yang memudahkan untuk promosi produk.

 

Akun bisnis ini memiliki fitur yang berbeda dari akun biasa. Sedangkan untuk kekurangannya, kualitas file yang diposting menurun sesuai dengan standar ketetapan Instagram.

 

Hal inilah yang membuat kualitas foto maupun video hasil upload menjadi blur atau tidak jelas. Belum lagi ketika melakukan download video Instagram, resolusi menjadi semakin berkurang.

 

Untuk maksimal pengunggahan file juga mempunyai batasan durasi waktu, sehingga tidak bisa terlalu lama. Kekurangan lainnya adalah penggunaan aplikasi ini boros kuota mengingat konten utamanya adalah foto dan video.

BACA JUGA :  4 Manfaat Dompet Digital

 

Jenis konten inilah yang membuat kuota internet mudah terkuras. Aplikasi ini juga memerlukan update rutin. Situasi ini tentu membuat Anda harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup pada smartphone.

 

Manfaat Pengunggahan Video Instagram Bagi Pengguna Lain

 

Anda akan menemukan banyak video yang diunggah melalui aplikasi sosial media IG. Konten tesebut memberikan beragam manfaat, tidak hanya untuk pengunggahnya, tapi juga pengguna lain.

 

Beberapa manfaatnya yaitu sebagai sumber informasi, media hiburan, sumber inspirasi atau ide serta mengetahui beragam produk yang dijual oleh banyak orang. Tidak jarang akhirnya pengguna lain melakukan download video Instagram.

 

Tujuannya untuk menyimpan file tersebut ke dalam perangkat smartphone. Agar dapat dibuka kembali filenya tanpa harus masuk ke aplikasi Instagram terlebih dahulu. Di dalam IG, segala macam informasi bisa didapatkan melalui konten yang ditampilkan.

 

Baik itu informasi lokal maupun interlokal dari segala bidang. Bahkan banyak informasi atau berita update yang diunggah. Sehingga, untuk mendapatkan informasi terbaru tidak harus menonton televisi atau mendengarkan radio.

 

Melalui media sosial Anda juga bisa mendapatkannya. Banyak konten IG yang bertujuan untuk memberikan hiburan. Jadi, dapat dijadikan sebagai sarana hiburan bagi para penggunanya. Akan Anda temukan banyak hal menarik sebagai bahan refreshing.

 

Jika gemar terhadap konten lelucon, bisa mengikuti akun yang memberikan sajian humor. Bahkan sebagian orang memilih untuk melakukan download video Instagram dengan konten lelucon untuk kemudian hari dapat dinikmati kembali.

 

Dalam hal sumber inspirasi, aplikasi ini juga dapat memenuhinya. Misalnya ingin mencari inspirasi untuk mendekorasi ruang tamu. Anda bisa mencari postingan akun yang berhubungan dengan dekorasi ruang tamu untuk dijadikan sumber ide.

 

Anda akan menemukan beragam produk yang dijual oleh orang lain. Banyak pengguna pemilik bisnis online memasarkan produk mereka melalui sosial media ini. Jadi, Anda bisa mencari produk yang bisa memenuhi kebutuhan.

BACA JUGA :  Cara Menjadi Pro Gamer Esport

 

Cara Download Video Instagram Melalui Situs

 

Salah satu cara download video di Instagram yaitu melalui situs. Anda hanya perlu membuka situs penyedia fitur download video IG melalui browser untuk dapat menggunakannya. Setiap situs memiliki tata cara berbeda, namun pada dasarnya sama.

 

  1. DownloadGram

 

Situs download video Instagram pertama yaitu DonwloadGram yang bisa digunakan dengan cara mengunjungi alamat https://downloadgram.org/. Setelah halaman terbuka, masukkan copy link video IG yang ingin disimpan dalam gallery handphone.

 

Paste pada kotak tersedia, lalu klik download now dan file akan muncul. Setelah itu, klik download dan tunggu hingga file selesai diunduh. Link video IG bisa Anda lihat pada titik tiga postingan. Akan ada pilihan copy link di sana.

 

  1. net

 

Kunjungi alamat situs Savefrom.net di https://id.savefrom.net/65/. Setelah halaman tampil, masukkan link pada kotak tersedia, lalu klik unduh MP4 pada kotak hijau kecil yang tertera. File akan langsung terunduh dan Anda bisa menunggunya hingga proses selesai.

 

  1. InstaSave

 

Situs download video Instagram selanjutnya adalah InstaSave dengan alamat https://instasave.website/amp/. Caranya sama dengan DownloadGram, Anda hanya perlu menyalin link file yang ingin disimpan, lalu bisa langsung mengunduhnya.

 

Sebenarnya masih banyak situs lainnya yang menyediakan fitur pengunduhan video ini. Seperti GramSave, iGram, Snapinsta, Toolzu, Instasaved dan lain-lain. Untuk penggunaannya hampir sama, hanya tampilan interfacenya saja yang berbeda.

 

Cara Download Video Instagram Menggunakan Aplikasi

 

Tidak hanya melalui situs, Anda juga bisa mengunduh konten dari IG lewat aplikasi. Agar bisa menggunakan aplikasi ini, tentu harus menginstall atau memasangnya terlebih dahulu pada smartphone.

 

Banyak aplikasi penyedia fitur ini di Playstore. Pastikan kapasitas memory Anda mencukupi sebelum memasangnya. Dari banyaknya aplikasi download video Instagram, berikut ada beberapa yang bisa Anda jadikan referensi pilihan beserta cara penggunaannya.

BACA JUGA :  Mengenal APK WhatsApp MOD 2022

 

  1. Video Downloader for Instagram

 

Aplikasi untuk mengunduh file yang pertama yaitu Video Downloader for Instagram. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka IG dan mengklik bagian titik tiga.

 

Cara pertama pilih share to, lalu klik aplikasi ini. Sedangkan cara kedua, Anda bisa memilih copy link, kemudian buka aplikasi Video Downloader for Instagram dan paste pada kolom tersedia.

 

Setelah itu, pilih bagian tombol download dan tunggu hingga proses selesai. File hasil download video Instagram akan masuk ke dalam perangkat smartphone Anda. Untuk mengeceknya, Anda bisa membuka gallery atau file manager.

 

  1. Quick Save for Instagram

 

Ukuran Quick Save for Instagram tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menghemat memory internal. Tidak hanya bisa digunakan untuk mengunduh konten dari IG saja, tapi juga merepostnya.

 

Selain itu bisa dipakai untuk menyalin caption dari berbagai macam konten. Cara download video Instagram menggunakan aplikasi ini tidak sulit. Buka Instagram Anda, klik titik tiga dan pilih tombol copy link.

 

Setelah itu buka aplikasi Quick Save for Instagram, klik bagian ikon unduh. Jika ingin merepost atau membagikan ke sosial media lain, pilih ikon lainnya yang tersedia. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

 

  1. Video Downloader – InShot

 

Pada halaman awal aplikasi ini akan muncul berbagai macam sosial media yang bisa dipilih, salah satunya Instagram. Anda bisa memilih bagian Instagram atau masukkan link pada kolom tersedia.

 

Kemudian konten akan tampil, lalu pilih tombol unduh berwarna merah. Klik tombol tersebut dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai. File yang sudah terunduh akan langsung masuk ke perangkat.

 

Baik itu mengunduh menggunakan situs maupun aplikasi, semuanya memiliki kemudahannya masing-masing. Jadi, sesuaikan saja dengan kenyamanan Anda ketika ingin download video Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published.