Pesan Tiket Kereta Api

9 Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online

Dulu, pesan tiket kereta api hanya bisa dilakukan secara offline melalui stasiun. Jadi, Anda harus mengunjungi loket penjualan tiket kereta api di stasiun untuk dapat memesan dan membelinya dengan konsekuensi rela mengantre.

 

Seiring perkembangan zaman yang serba digital seperti sekarang ini, metode pemesanan tidak harus dilakukan secara offline. Anda sudah bisa memesan tiket kereta api secara online dengan beragam cara.

 

Bisa melalui situs resmi dari PT. KAI, aplikasi KAI Access maupun pihak ketiga seperti Traveloka, Tiket.com, PegiPegi dan sejenisnya yang menyediakan. Sebelum mengetahui caranya, akan dijelaskan mengenai keuntungan pemesanan secara online berikut.

 

Keuntungan Memesan Tiket Kereta Api Secara Online

 

Ada banyak keuntungan pesan tiket kereta api secara online yang bisa Anda dapatkan. Seperti, menghemat waktu karena Anda tidak perlu datang langsung menuju stasiun untuk memesan tiket kereta api.

 

Pemesanan secara langsung di stasiun belum tentu bisa dilakukan dengan cepat, ada kemungkinan untuk mengantre. Sedangkan pemesanan secara online, Anda hanya memerlukan komputer, laptop maupun smartphone yang terkoneksi internet.

 

Pemesanan bisa kapan saja dan di mana saja selama ada koneksi internet. Pembayaran juga bisa dilakukan secara online, yaitu melalui transfer ATM maupun kartu kredit. Tergantung dari metode pembayaran yang Anda pilih saat memesan.

 

Tempat duduk atau kursi juga bisa memilih. Beragam promo menarik seringkali diberikan oleh penyedia tiket tersebut, baik dalam bentuk cashback maupun potongan harga. Hasil transaksinya langsung dikirim melalui email, sehingga Anda tidak perlu keluar rumah.

 

Cara Pesan Tiket Kereta Api Melalui Situs Resmi

 

Untuk pesan tiket melalui situs resmi, kunjungi alamatnya di https://kai.id/. Pada bagian sebelah kanan halaman tertera tulisan pemesanan tiket, Anda bisa mengkliknya. Berikut ini cara pemesanan lebih lengkap.

 

  1. Langkah pertama pesan tiket kereta api, isikan data sesuai tiket yang dibutuhkan, mulai dari stasiun asal, tujuan, tanggal berangkat serta jumlah penumpang baik dewasa maupun anak-anak.
BACA JUGA :  Cara Menyadap WhatsApp Pasangan

 

  1. Kemudian klik bagian pesan & cari kereta. Akan muncul keterangan mengenai ketersediaan tiket sesuai jadwal yang sudah Anda inputkan. Jika tidak tersedia, berarti Anda perlu mengganti jadwal di tanggal yang lain.

 

Jika tersedia, akan muncul berbagai pilihan jenis kereta yang bisa dipesan, informasi jam keberangkatan, perkiraan sampai tempat tujuan beserta harganya. Pemilihan ini disesuaikan dengan kebutuhan.

 

  1. Pilih pesan, lalu isikan data sesuai identitas pemesan serta penumpang. Mulai dari tittle, tipe identitas, nomor HP pemesan, alamat, nomor identitas serta email. Untuk data penumpang diperlukan title, nama, tipe identitas beserta nomornya.

 

  1. Jangan lupa untuk memahami terlebih dahulu ketentuan reservasi atau pesan tiket kereta api. Ketentuannya meliputi reservasi bisa dilakukan 3 jam sebelum jadwal kereta berangkat. Mengenai ketersediaan kursi maupun harga bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Pastikan Anda memperoleh konfirmasi pembayaran dari PT. KAI melalui email untuk nantinya ditukarkan dengan boarding pass di stasiun online.

 

  1. Centang kotak persetujuan beserta recaptcha. Kemudian klik tombol pesan.

 

  1. Kotak pertanyaan mengenai kebenaran pengisian data akan muncul. Pilih ok jika sudah benar.

 

  1. Halaman yang tampil selanjutnya mengenai ringkasan pesan tiket kereta api. Yaitu meliputi data pemesan dan penumpang, harga, jenis kereta, stasiun berangkat, tujuan, waktu berangkat, tiba, nomor gerbong beserta tempat duduk.

 

Jika ingin mengganti tempat duduk, Anda bisa mengklik pada bagian pilih kursi. Kemudian tentukan sesuai keinginan. Perhatikan terlebih dahulu apakah kursi yang Anda inginkan masih kosong atau sudah terisi.

 

Langkah selanjutnya, klik P1 yang terdapat di bagian atas. Kemudian klik pada kursi yang diinginkan, lalu lanjutkan dengan klik bagian P2 dan klik kembali kotak kosong samping P1. Jika sudah selesai, pilih konfirmasi pindah kursi.

BACA JUGA :  Aplikasi untuk Penulis Terbaik Pemula

 

  1. Perhatikan bagian sebelah kanan. Jika nomor kursi sudah berubah, berarti menandakan proses pindah berhasil. Setelah itu, klik lanjut ke pembayaran dan pilih metodenya. Cara pembayaran untuk setiap metode pesan tiket kereta api akan berbeda.

 

  1. Sesudah selesai membayar, Anda akan memperoleh buktinya melalui email sesuai dengan yang diinputkan saat pemesanan. E-tiket bisa dicetak secara fisik sebelum jadwal keberangkatan pada mesin yang sudah tersedia di stasiun.

 

Tiket yang sudah Anda cetak tersebut, nantinya perlu ditunjukkan kepada petugas ketika akan masuk ke peron stasiun. Tidak hanya melalui situs resmi, Anda juga dapat memesan tiket kereta api melalui aplikasi khusus.

 

Cara Pesan Tiket Kereta Api Lewat Aplikasi KAI Access

 

Cara memesan tiket melalui aplikasi KAI Access hampir sama dengan lewat situs resminya. Mulai dari pengisian data diri, pemilihan jadwal keberangkatan beserta asal dan tujuan stasiun, pemesanan lalu pembayaran.

 

Pembayaran harus sesuai dengan metode yang dipilih dalam pesan tiket kereta api. Perhatikan dengan baik durasi waktu maksimal pembayaran tiket tersebut. Pembatalan jadwal dan penjadwalan ulang juga dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

 

Pengembalian dana yang sudah dibayarkan juga diproses dengan cepat. Pembedanya terletak dari akses pendaftaran. Untuk website dilakukan melalui mesin pencari atau browser. Sedangkan pada aplikasi, Anda harus memasangnya terlebih dahulu pada smartphone.

 

Install aplikasi KAI Access melalui PlayStore maupun AppStore. Pastikan kapasitas memori smartphone Anda mencukupi untuk memasang aplikasi ini. Sebelum pesan tiket kereta api, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu ketika akan menggunakan aplikasi KAI Access.

 

Jika pada situs resminya Anda sudah membuat akun, maka tidak perlu membuatnya lagi. Setelah akun sudah selesai dibuat, Anda bisa langsung login, lalu mulai melakukan proses pemesanan.

BACA JUGA :  4 Cara Melacak Ponsel Yang Hilang

 

Memesan Tiket Kereta Api Melalui Pihak Ketiga

 

Cara pemesanan berikutnya yaitu melalui pihak ketiga. Ada banyak pihak ketiga yang menyediakannya seperti Traveloka, Tiket.com, PegiPegi dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan pemesanan juga bisa dilakukan di Alfamart dan Indomaret.

 

Mengenai pembayaran, setiap penyedia memberikan metode yang berbeda. Begitu juga dengan aturan pesan tiket kereta api. Secara umum, metode pembayarannya melalui transfer ATM, LinkAja, m-banking, kantor pos maupun gerai retail seperti Indomaret dan Alfamart.

 

Sebagai contoh pemesanan melalui aplikasi Taveloka. Sebenarnya tidak harus memasang aplikasi, Anda bisa mengunjungi situs resminya di https://www.traveloka.com/. Isikan data sesuai tiket yang ingin Anda cari mulai dari tujuan, jadwal berangkat serta jumlah penumpang.

 

Kemudian klik cari dan akan muncul informasi jumlah ketersediaan kursi, harga, jenis kereta yang beroperasi, jadwal keberangkatan serta perkiraan tiba. Pilih sesuai kebutuhan, lalu Anda bisa mulai pesan tiket kereta api.

 

Isikan data pemesan dan penumpang beserta jumlahnya. Kursi dapat dipilih dengan cara mengklik bagian pilih kursi. Proses bisa dilanjutkan menuju ke bagian pembayaran.

 

Sebelum melakukan proses pembayaran, pastikan terlebih dahulu bahwa data yang sudah diinputkan benar. Ketika membayar, Anda harus memperhatikan nominal tepatnya hingga digit terakhir, jangan lebih atau kurang.

 

Sama saja dengan pembelian lewat situs resmi atau aplikasi KAI Access, sesudah selesai melakukan pembayaran Anda akan memperoleh e-boarding pass untuk ditukarkan menjadi bentuk fisik.

 

Gunakan metode pembelian yang Anda anggap paling mudah dan nyaman. Baik itu melalui situs maupun aplikasi, keduanya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Hal penting yang perlu diperhatikan ketika pesan tiket kereta api adalah inputkan data dengan benar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.