manfaat dompet digital

4 Manfaat Dompet Digital

Ada banyak manfaat dompet digital, salah satunya memudahkan transaksi. Apalagi sekarang eranya sudah serba digital. Berbagai macam aktivitas bisa dilakukan dengan mudah secara digital melalui smartphone.

 

Tidak hanya bisa dilakukan kapan saja, tapi juga di mana saja. Tidak heran bila akhirnya banyak produk dompet digital atau e-wallet bermunculan. Bahkan ada juga merchant yang hanya menerima transaksi lewat e-wallet.

 

Jika tidak memilikinya, tentu Anda menjadi tidak dapat melangsungkan transaksi. Apa sajakah manfaatnya? Dari sekian banyak aplikasi e-wallet, manakah yang terbaik? Sebelum menjawab pertanyaan ini, yuk simak pengertiannya sebagai berikut.

 

Pengertian Dompet Digital yang Belum Banyak Dipahami

 

Sebelum mengetahui manfaat dompet digital, Anda perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Dompet digital merupakan sebuah aplikasi elektronik yang dapat dipakai untuk pembayaran secara online.

 

Tidak perlu menggunakan uang tunai maupun kartu, Anda dapat memakainya hanya dengan membawa smartphone yang sudah terisi saldo. Jadi, tidak harus datang ke ATM atau bank untuk bisa melakukan proses transaksi.

 

Selain memberikan berbagai kemudahan, juga menjamin keamanan. Hal ini karena e-wallet terlindungi oleh kata sandi yang hanya bisa di akses oleh penggunanya saja. Anda hanya perlu mengisikan saldo ke dalam e-wallet yang sudah ditransfer lewat rekening bank sebelumnya.

 

Kemudian bisa langsung menggunakannya untuk memperoleh manfaat dompet digital. Bahkan untuk pengisian dana atau top up, sekarang ini tidak hanya bisa dilakukan lewat rekening bank saja, namun juga melalui metode lain.

 

Seperti pengisian dana lewat indomaret, alfamart serta merchant pendukung lainnya. Jadi, sangat fleksibel digunakan oleh siapa saja tanpa harus memiliki rekening bank.

 

Inilah Manfaat Dompet Digital Selain Memudahkan Transaksi

 

Selain memudahkan transaksi, penggunaan e-wallet lebih praktis. Mengapa? Karena Anda tidak perlu membawa banyak uang dalam bentuk dompet fisik. Hanya dengan membawa smartphone yang sudah terpasang aplikasi e-wallet, transaksi dapat dilakukan.

BACA JUGA :  9 Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online

 

Tentunya aplikasi e-wallet yang sudah terpasang akun Anda. Dana juga akan secara otomatis berkurang sesuai jumlah nominal transaksi yang dibayarkan. Manfaat lainnya dari e-wallet antara lain:

 

  1. Bisa Digunakan untuk Beragam Transaksi

 

Manfaat dompet digital bisa digunakan untuk beragam transaksi. Tidak hanya belanja offline maupun online saja, tapi juga pembayaran beragam tagihan. Misalnya seperti tagihan PLN, listrik, BPJS dan lain-lain.

 

Pembelian pulsa maupun paket data internet, membeli makanan, pemesanan tiket bioskop dan masih banyak lagi lainnya. Mengenai fitur tergantung dari setiap aplikasi dompet digital.

 

  1. Riwayat Transaksi Jelas

 

Dompet digital memberikan informasi mengenai riwayat transaksi secara detail dan jelas. Baik itu riwayat top up, pembelian maupun transfer dana. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan terkait pengeluaran.

 

  1. Sistem Keamanan Terjaga

 

Manfaat dompet digital lainnya yaitu sistem keamanan terjaga. Pada saat pendaftaran akun, diperlukan verifikasi data terlebih dahulu terkait identitas. Ketika akan mengakses diperlukan PIN bahkan sidik jari.

 

Jadi, akun tidak akan bisa terbuka jika tidak mengetahui PIN dari penggunanya. Hal ini tentu akan membuat akun lebih terjaga dan mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian dana.

 

  1. Banyak Promo Menarik

 

Manfaat terakhir banyak promo menarik yang diberikan oleh aplikasi e-wallet. Biasanya promo ini diberikan atas kerja sama dengan penyedia jasa atau merchant lainnya. Promo tersebut mulai dari cashback hingga diskon atau potongan harga.

 

Tidak Hanya Manfaat Dompet Digital, Juga Ada Beberapa Kekurangannya

 

Walaupun manfaatnya ada banyak, tidak terlepas juga dari kekurangan. Salah satu kekurangannya yaitu banyak transaksi yang harus dilakukan dengan pembebanan biaya. Pemberian biaya transaksi setiap aplikasi e-wallet mempunyai ketentuan berbeda-beda.

BACA JUGA :  Mengenal APK WhatsApp MOD 2022

 

Kekurangan lainnya masih banyak merchant yang belum menghubungkan bisnis mereka ke dompet digital. Memang banyak merchant sudah memakai metode pembayaran sistem non-tunai, tapi belum mengintegrasikannya ke e-wallet.

 

Jadi, pembayaran non-tunai yang dilakukan menggunakan kartu kredit atau debit. Selain itu, e-wallet juga tidak bisa diuangkan secara langsung. Jika Anda ingin menguangkannya dalam bentuk cash, harus ditransfer kepada rekening bank terlebih dahulu, untuk kemudian dapat diambil.

 

Belum lagi ada potongan biaya ketika melakukan transfer ke rekening bank. Besar potongannya menyesuaikan dengan aplikasi e-wallet yang Anda gunakan. Kekurangan tersebut tidak akan menjadi masalah bagi sebagian orang mengingat manfaat dompet digital yang diberikan banyak.

 

Beragam Aplikasi Dompet Digital yang Bisa Dijadikan Pilihan

 

Biasanya, pemilihan e-wallet tergantung dari jenis kebutuhannya. Sebagian merchant sudah bekerja sama dengan e-wallet tertentu. Jadi, top up dana hanya bisa dilakukan melalui produk tersebut. Ada beragam aplikasi e-wallet yang bisa Anda jadikan pilihan, di antaranya:

 

  1. OVO

 

Tidak hanya memudahkan transaksi menggunakan dana digital saja, melalui e-wallet ini Anda bisa memperoleh reward berupa OVO points. Dua sumber dana dapat Anda manfaatkan sekaligus, yaitu melalui OVO points dan OVO cash.

 

Ketentuan untuk setiap 1 OVO point mendapatkan 1 rupiah. Sedangkan jenis anggotanya ada dua, yaitu OVO premier dan OVO club. Perbedaannya terletak pada limit saldo serta nilai OVO points yang diberikan.

 

Untuk memperoleh manfaat dompet digital OVO dengan penyimpanan saldo lebih dari 10 juta, Anda harus mengupgradenya terlebih dahulu ke OVO premier. Pengisian saldo bisa melalui berbagai metode, seperti m-banking, ATM, kartu debit dan lain-lain.

 

  1. DANA

 

Produk berikutnya adalah DANA. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk berbelanja pada merchant yang sudah menjalin kerja sama dengannya. Tidak hanya untuk berbelanja saja, tapi juga sebagai sarana pembayaran lainnya.

BACA JUGA :  8 Cara Menambah Followers Instagram Mudah

 

Seperti pembayaran BPJS serta asuransi, tagihan listrik maupun air PDAM, pembelian pulsa, kuota internet dan masih banyak lainnya. Jadi, pembayaran non-tunai menjadi lebih cepat dan dapat merasakan manfaat dompet digital.

 

  1. Go-Pay

 

E-wallet Go-Pay merupakan bagian dari Go-Jek. Terdapat dua jenis akun Go-Pay yaitu standar dan upgrade. Untuk Go-Pay standar, hanya mampu menyimpan saldo maksimal sejumlah 2 juta.

 

Sedangkan untuk Go-Pay upgrade, mampu menampung saldo maksimal hingga 10 juta. Manfaat dompet digital Go-Pay tidak hanya untuk pembayaran layanan yang dimiliki oleh aplikasi Go-Jek saja.

 

Beragam transaksi lainnya yang dapat dilakukan yaitu pembayaran belanja di merchant yang sudah bekerja sama dengan Go-Pay. Aplikasi ini juga mempunyai fitur PayLater.

 

  1. LinkAja

 

Aplikasi berikutnya terhubung langsung dengan sistem perbankan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yaitu LinkAja. Perusahaan yang memegangnya yaitu BRI, Mandiri, BTN, BNI, Telkomsel, Jiwasraya serta Pertamina.

 

Manfaat dompet digital LinkAja dapat mentransfer ke bank-bank tersebut tanpa terkena biaya admin. Aplikasi ini juga sudah terhubung dengan sarana maupun transportasi publik, sehingga memudahkan dalam pembelian maupun pembayaran tiket.

 

Namun sayangnya, aplikasi ini memiliki beberapa produk yang harganya cenderung lebih mahal dibandingkan e-wallet jenis lain. Bagi Anda yang sangat mempertimbangkan terkait harga, aspek ini tentunya perlu menjadi perhatian.

 

Terlepas dari manfaat maupun kekurangan dari dompet digital, yang penting diperhatikan adalah tetap bijak dalam penggunaannya. Transaksi yang dilakukan dapat membuat penggunanya berpeluang lebih konsumtif, sehingga diperlukan pengelolaan tepat.

 

Setiap aplikasi e-wallet memiliki kelebihannya masing-masing. Jadi, mengenai manakah yang terbaik, menyesuaikan kebutuhan dan kenyamanan. Manfaat dompet digital semua produk tidak lain adalah memudahkan transaksi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *