mengompres ukuran foto

3 Cara Mengompres Ukuran Foto Dengan Mudah

Mengompres ukuran foto terkadang diperlukan karena berbagai macam tujuan. Pengompresan ini dilakukan supaya kapasitas foto lebih kecil. Biasanya ada beberapa kepentingan yang memerlukan gambar dengan ketentuan khusus.

 

Jika kapasitas gambar tersebut terlalu besar, maka diperlukan pengompresan supaya memenuhi ketentuan. Apalagi mengingat sekarang ini sudah semakin banyak smartphone baik itu Android maupun iPhone yang memiliki hasil tangkapan jernih dan tajam.

 

Hal ini merupakan kabar menggembirakan. Namun, pada nyatanya tidak semua keperluan membutuhkan foto dengan ukuran besar. Apa saja fungsi mengompres ukuran foto? Bagaimana caranya? Nah, untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan berikut.

 

Kompres Ukuran Foto Memiliki Fungsi Beragam

 

Kapasitas setiap gambar mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Semakin tajam gambar, kapasitas ukurannya semakin besar. Di situasi tertentu, maksimal ukuran kapasitas sangat penting diperhatikan.

 

Biasanya mengompres ukuran foto diperlukan ketika harus mengunggah berbagai macam berkas serta foto, salah satunya dalam rangka melamar pekerjaan. Akan ada batas maksimal ukuran file, bahkan sebagian memberikan batas minimalnya.

 

Berbagai macam fungsi dari pengompresan ini yaitu memudahkan dalam proses pengiriman gambar dan menghemat data internet karena kapasitasnya kecil. Semakin besar ukurannya, akan membuat proses pengiriman lebih lama.

 

Selain itu jika dikirimkan secara online juga akan lebih menghabiskan banyak kuota internet. Fungsi lainnya, mengecilkan ukuran foto merupakan salah satu upaya untuk menghindari pengiriman yang gagal karena kapasitas file terlalu besar.

 

Tidak hanya itu, mengompres ukuran gambar juga membuat file yang bisa Anda simpan ke dalam memory menjadi lebih banyak. Hal ini karena ukurannya sudah lebih kecil, sehingga menghemat ruang penyimpanan.

 

Cara Mengompres Ukuran Foto Menggunakan Situs

 

Mengecilkan kapasitas ukuran foto dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Tidak hanya melalui komputer atau laptop, Anda bisa melakukannya melalui HP. Salah satu caranya yaitu lewat situs atau website.

BACA JUGA :  7 Cara Edit Background Photo Tanpa Aplikasi

 

Anda hanya perlu mengunjungi situs tersebut, lalu memprosesnya. Setiap situs mempunyai tata cara pengompresan serta fitur berbeda. Berikut ada beberapa situs yang bisa dijadikan alternatif pilihan, antara lain:

 

  1. I Love IMG

 

Masuklah ke situs I Love IMG di https://www.iloveimg.com/id/kompres-gambar. Pilih select images, lalu masukkan file gambar yang ingin dikecilkan ukuran kapasitasnya. Ketika file sudah muncul, untuk mengompres ukuran foto pilih bagian compress images.

 

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak foto juga bisa. Sebelum mengklik bagian compress images, tambahkan file melalui ikon + yang terletak pada bagian sebelah kanan. Kemudian, file akan langsung terkompres dan tersimpan dalam smartphone.

 

  1. Compress JPEG

 

Buka halaman website Compress JPEG di https://compressjpeg.com/. Setelah halaman terbuka, Anda bisa memilih upload files dan masukkan file foto yang ingin di kompres. Terdapat empat format file yang tertera, jpeg, png, gif dan pdf.

 

Jadi, melalui situs ini Anda tidak hanya bisa mengompres ukuran foto saja, tapi juga jenis dokumen lain. Ketika proses penguploadan selesai, Anda bisa mendownloadnya.

 

Lewat halaman ini Anda bisa memilih banyak gambar untuk di kompres tanpa menurunkan kualitas. Hasilnya bisa di download satu per satu maupun diarsipkan dalam bentuk file zip.

 

  1. Tiny JPG

 

Situs lain yang bisa digunakan untuk mengompres ukuran foto yaitu Tiny melalui halamannya di https://tinyjpg.com/. Setelah membuka halaman tersebut, Anda tinggal memasukkan file yang ingin dikecilkan melalui kotak tersedia.

 

Tunggu hingga proses upload selesai. Setelah selesai, Anda bisa langsung mendownloadnya. Jumlah file yang bisa di upload bisa mencapai hingga 20 dengan masing-masing memiliki maksimal ukuran 5 MB.

 

Cara Mengompres Ukuran Foto Menggunakan Aplikasi

BACA JUGA :  Aplikasi untuk Penulis Terbaik Pemula

 

Selain melalui situs, Anda juga bisa melakukan pengecilan ukuran kapasitas foto menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi yang menyajikan fitur ini. Setiap aplikasi memiliki tata cara penggunaannya masing-masing, beberapa di antaranya:

 

  1. Image Size

 

Ada berbagai format output yang tersedia, mulai dari pixel, milimeter centimeter hingga inci. Perhatikan ikon yang terdapat di bagian paling atas. Untuk memasukkan foto yang sudah ada dalam gallery, klik bagian paling kiri.

 

Sedangkan jika Anda ingin mengompres ukuran foto melalui jepretan kamera langsung, klik bagian sebelah kanannya tepat. Setelah itu, Anda bisa mengunduhnya melalui ikon paling bawah sebelah kiri.

 

Gambar yang sudah dikecilkan kapasitasnya tidak hanya bisa disimpan dalam gallery ponsel saja, namun juga dapat dikirim melalui berbagai platform seperti email, bluetooth serta sosial media. Selain itu juga bisa dicetak secara langsung.

 

  1. Photo & Picture Resizer

 

Buka aplikasi Photo & Picture Resizer, lalu pilih bagian select photos. Kemudian masukkan foto yang ingin dikecilkan ukurannya. Jika sudah, klik tombol berupa panah empat yang ada di bagian paling atas tampilan aplikasi. Pilih dimensi gambar sesuai keinginan.

 

Untuk mengompres ukuran foto, sudah ada berbagai dimensi atau bisa juga custom sesuai keinginan. Kemudian, file gambar sudah berubah dan tersimpan dalam smartphone. Ada juga fitur membagikannya langsung ke berbagai sosial media.

 

  1. Photo Compress 2.0

 

Jika ingin mengecilkan kapasitas gambar menggunakan Photo Compress 2.0, pastikan aplikasinya sudah terpasang di ponsel Anda. Buka aplikasi, lalu pilih bagian menu gallery. Klik bagian camera bila yang ingin Anda kompres melalui jepretan langsung.

 

Masukkan foto yang ingin dikecilkan, kemudian klik compress. Pilihlah kualitas sesuai dengan yang Anda inginkan dengan cara memindahkan togglenya. Semakin tinggi Anda menggeser toogle tersebut, maka kualitas gambar semakin berkurang.

BACA JUGA :  8 Aplikasi streaming langsung bola gratis terbaik di Android dan iOS

 

Jadi, ketika mengompres ukuran foto sebaiknya gunakan di atas persentase 60 persen. Klik bagian compress lagi. Setelah itu pilih bagian menu exit dan foto akan tersimpan dalam smartphone secara otomatis.

 

Kemudahan Mengompres Foto Menggunakan Iphone

 

Terdapat tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan kapasitas gambar di iPhone. Pertama yaitu dengan mengubah format filenya ke dalam bentuk HEIC. Bentuk ini memberikan ukuran file yang lebih kecil, namun tetap berkualitas.

 

HEIC ini sudah ada sejak tahun 2017 sebagai format default iPhone. Cara pengaturannya sangat mudah, yaitu dengan masuk ke bagian settings, pilih camera, tag pilihan formats, lalu high efficiency.

 

Kedua, mengompres ukuran foto dapat dilakukan menggunakan fitur safari. Melalui fitur ini, ukuran dari foto yang di upload dapat dipilih sesuai keinginan. Ada asli, small, medium hingga large. Ketiga, menggunakan aplikasi khusus yang sudah terpasang.

 

Untuk metode ketiga berarti Anda harus mengunduhnya melalui AppStore terlebih dahulu. Akan ada banyak aplikasi yang bisa dipilih untuk proses pengecilan kapasitas file, salah satunya yaitu Image Size.

 

Jadi, aplikasi Image Size tidak hanya dapat digunakan pada smartphone Android saja, tapi juga iPhone. Untuk caranya sama saja seperti ketika dipakai pada HP Android. Ada bisa mengatur besaran lebar dan tingginya secara manual pada kotak tersedia.

 

Dari berbagai metode yang ada, manakah paling mudah? Baik itu melalui situs maupun aplikasi, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terkait kemudahan tergantung dari kenyamanan setiap penggunanya.

 

Ketika ingin memasang aplikasi untuk proses pengompresan, pastikan kapasitas memory smartphone Anda mencukupi. Dapat disimpulkan dari seluruh cara mengompres ukuran foto melalui HP, semuanya dapat dilakukan dengan mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.