Aplikasi untuk Penulis

Aplikasi untuk Penulis Terbaik Pemula

Aplikasi untuk penulis dapat membantu seseorang baru tertarik menulis untuk meningkatkan skill mereka bahkan membagikan tulisan mereka pada pembaca. Bahkan penulis juga dapat mendapatkan uang melalui aplikasinya tersebut.

Banyak penulis mengaku kesulitan menulis karena kehabisan ide atau sedang mengalami writer’s block. Beberapa aplikasi dapat membantu untuk mengurangi situasi tersebut terjadi.

Aplikasi untuk menulis ini wajib sekali ada di smartphone Anda sebagai penulis pemula atau sedang mau memulai lagi menulis. Karena kunci untuk menjadi seorang penulis yang handal adalah terus berlatih dan menulis.

Aplikasi untuk Penulis yang Membantu Skill Meningkat

Merasa skill Anda sebagai penulis masih sangat kurang atau belum terlalu handal. Ada beberapa aplikasi dapat membantu untuk meningkatkan skill dan menambah bank kosa kata yang dipunyai.

  1. KBBI

KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) sangat wajib terinstal di smartphone Anda karena berisi kosakata Bahasa Indonesia yang telah tersusun secara sistematis. sebagian besar orang tentu saja sudah tidak asing dengan KBBI App ini.

Aplikasi untuk penulis KBBI ini akan membantu mengerti beberapa kosakata Indonesia belum diketahui maknanya. Sehingga bisa menambah bank kosa kata dalam diri Anda.

  1. Tesaurus Indonesia

Tesaurus berfungsi mencari persamaan kata, berguna jika merasa bosan kata sangat sering menggunakan kata tertentu. Tesaurus sangat bermanfaat karena akan menampilkan akar persamaan dari satu kata.

Aplikasi untuk penulis ini juga memiliki fungsi sama dengan KBBI yaitu menambah kosakata yang dapat Anda aplikasikan pada karya-karya tulisnya.

  1. Ipusnas

Ipusnas adalah aplikasi diluncurkan oleh perpustakaan nasional Indonesia yang berisi e-book legal bisa dipinjam dan baca. Ipusnas memiliki sistem yang sama dengan ketika ingin meminjam buku di perpustakaan.

e-book tersebut akan bisa diakses setelah meminjamnya, buku digital ada di ipusnas juga memiliki jumlah stok tertentu seperti buku fisik. Sehingga jika buku yang diinginkan sedang habis stok Anda harus menunggu sampai seseorang selesai membacanya.

  1. PUEBI
BACA JUGA :  Cara Menjadi Pro Gamer Esport

Apakah pernah mendengar tentang aplikasi untuk penulis PUEBI atau masih hanya mengetahui EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). PUEBI atau pedoman umum ejaan bahasa Indonesia merupakan pedoman wajib Anda ketahui sebagai penulis.

Karena berisi mengenai pedoman ejaan dalam Bahasa Indonesia yang sebelumnya disebut dengan EYD. Wajib dipelajari agar karya Anda akan sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan benar.

  1. Microsoft Word atau Sejenisnya

Aplikasi untuk penulis yang terakhir berfungsi meningkatkan skill di smartphone adalah aplikasi untuk menulis seperti microsoft word atau sejenisnya. Ini akan menjadi wadah menulis semua karya tulis.

Tools yang Sering Digunakan untuk Penulis

Setelah mengetahui beberapa aplikasi berfungsi meningkatkan skil penulis. Aplikasi untuk seorang penulis selanjutnya yang direkomendasikan And gunakan berfungsi sebagai tools digunakan membantu proses membuat karya tulis.

  1. JotterPad

JotterPad biasanya digunakan menulis novel, puisi atau juga lirik lagu sampai sebuah artikel. JotterPad salah satu Tools untuk menciptakan berbagai macam karya tulis dan dapat disimpan dalam beberapa format tulisan seperti .txt, .pdf, .docx, dan .markdown.

Selain itu JotterPad memiliki user interface yang sangat mudah diakses sehingga bagi pemula tidak akan kesulitan mengaksesnya, aplikasi untuk penulis ini juga memudahkan Anda menulis darimana saja dan kapan saja.

  1. Penana

Salah satu terbaru dari beberapa aplikasi lainnya, Penana membantu para penulis berbagi dan menuangkan ribuan ide yang dipunyainya dalam serial kolaboratif. Penana membantu untuk berkumpul dengan penulis lainnya melalui serial kolaboratif tersebut.

Konsep menarik ini dapat membantu penulis pemula meningkatkan skill dan dapat menjadi salah satu tools digunakan mengembangkan ide dari beberapa penulis sehingga menjadi lebih menarik.

  1. Novelist

Novelist merupakan tools yang wajib Anda punyai karena membantu dalam menyusun outline atau garis besar dari novel akan ditulis. Dari mulai jalan cerita, tokoh yang terlibat dan lainnya.

BACA JUGA :  8 Aplikasi streaming langsung bola gratis terbaik di Android dan iOS

Selain itu Novelist dapat disebut aplikasi untuk penulis yang wajib Anda pasang pada smartphone karena menyediakan fitur pengaturan deadline sehingga bisa menjadi lebih bersemangat karena ada deadline harus dipenuhi.

Fitur lainnya juga tersedia seperti pemilihan template bukunya, editor teks dan juga auto save serta mode preview sehingga membuatnya sangat praktis dan cocok untuk Anda.

Aplikasi untuk Penulis Novel Online

Ingin karya tulis atau cerita di baca oleh banyak pembaca, tidak perlu susah payah mencari penerbit. Saat ini Ada juga bisa mengirim cerita melalui aplikasi tulisan online, beberapa diantara mereka juga akan memberikan insentif jika banyak pembaca yang melihat karya Anda.

  1. Storial

Storial.co menjadi platform pertama Anda bisa gunakan mengirim novel yang Anda buat. Yang membuat Storial unik adalah Anda dapat berkolaborasi dengan penulis lainnya guna menciptakan novel baru.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan royalti setelah bisa mendapatkan 500 pembaca pada karya tulis dikirim. Cara mengirim karyanya juga sangat mudah, pertama harus daftar terlebih dahulu setelah itu tinggal mengikuti petunjuk yang tertera pada aplikasinya.

  1. KBM Apps

Aplikasi untuk penulis ini diawali dari komunitas facebook digawangi oleh Isa Alamsyah. Isa Alamsyah merupakan suami dari penulis novel best seller Asma Nadia. Mayoritasnya diisi oleh kalangan ibu-ibu sehingga cerita yang banyak dipost pada KBM Apps mengenai rumah tangga.

Untuk mendapatkan uang dari aplikasi ini, disediakan fitur monetize akan otomatis aktif. Novel akan otomatis terkunci saat mencapai bab 8, pembaca yang ingin membaca part selanjutnya harus membayarnya memakai koin.

  1. Noveltoon

Noveltoon salah satu platform memiliki pengguna mencapai jutaan karena sangat populer baik dikalangan pembaca ataupun penulisnya. Untuk membuat cerita sangat mudah karena tinggal sign up terlebih dahulu menggunakan gmail atau facebook.

BACA JUGA :  5 Cara Menghilangkan Virus Komputer

Aplikasi ini dapat memberikan reward jika karya yang dibuatnya dapat mengundang banyak pembaca. Jika karyanya sudah tembus 30 ribu kata maka ia bisa mengajukan kontrak sehingga penghasilannya akan bertambah.

Cara Menghasilkan Uang dari Aplikasi Menulis Novel Online

Lebih jelasnya aplikasi untuk penulis Noveltoon ini banyak digunakan penulis untuk mendapatkan uang. Untuk bisa menghasilkan uang, tentu saja Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Setelah itu, bisa memulai menulis di noveltoon. Ada dua jenis novel yang bisa Anda pilih yaitu chat story dan bacaan novel seperti biasa. Setelah membuat karya tulis ada empat tahapan bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang.

Pertama, membuat banyak tulisan dan rajin menulis sehingga pembaca akan banyak melirik karya Anda. Biasanya genre yang akan banyak diminati pembaca adalah percintaan, horor, wisata dan lainnya.

Kedua, mendapatkan banyak pembaca sangat penting membuat karya mendapatkan perhatian dari Noveltoon. Ketiga, mengajukan kontrak sehingga Anda akan mendapatkan insentif lebih besar.

Syarat untuk mengajukan kontrak adalah telah mencapai lebih dari 30 ribu kata, terdapat lebih dari 10 BAB, dan juga memiliki lebih dari 30rb pembaca. Keempat, konsisten dalam menulis dan promosi.

Kunci dari suksesnya seorang penulis adalah tidak mudah putus asa dan juga rajin menulis. Walaupun memang belum sebesar nama Tere Liye, Asma Nadia dan lainnya, dengan bantuan aplikasi untuk penulis ini diharapkan Skill Anda akan meningkat dan bisa mendapatkan pembaca yang akan menikmati semua karya tulis Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.