VERIZON akan menutup layanan mailing list Yahoo Group pada 15 Desember 2020. Pengumuman tersebut sekaligus menjadi akhir perjalanan layanan email berkelompok yang telah berusia 19 tahun itu.

Pengumuman penutupan layanan mail Yahoo disampaikan Verizon melalui email para pengguna dan lewat situs web Yahoo.

Yahoo pernah sangat populer di era awal kehadiran internet. Namun layanan Yahoo tergerus dengan kompetitor lain seperti Reddit, Google Group, dan Facebook Group yang belakangan hadir meramaikan jagad dunia maya.

Yahoo pertama kali diluncurkan pada tahun 2001. Verizon tampaknya tidak memiliki rencana untuk menghidupkan kembali layanan tersebut. Mereka bahkan telah memulai proses penghentian Yahoo sejak Oktober 2019.

Anehnya, verizon juga tidak mengizinkan para pengguna untuk mengarsipkan diskusi mereka sebelumnya.

Dilansir CNN Indonesia, layanan komunitas ini pada awalnya muncul dengan nama Yahoo Clubs sebelum berganti menjadi Yahoo Groups saat dirilis pada 1998. Perkembangan Yahoo Groups kian kentara setelah perusahaan membeli situs komunitas, GeoCities.

Perusahaan yang berbasis di Sunnyvalle, California, AS ini sempat optimis dengan penggabungan tersebut. Mereka juga yakin Yahoo akan menjadi jaringan internet global.

Perjalanan waktu dengan menjamurnya platform sosial media justru membuat cita-cita Yahoo Groups menjadi terhadang. Akhirnya Yahoo memutuskan untuk menutup GeoCities pada 2009 dan memaksa pengguna setianya untuk mengarsipkan konten-konten yang pernah diungguh.

Lima tahun berselang, tulis CNN Indonesia, lewat situs resminya Yahoo mengumumkan untuk menutup layanan Groups untuk pengguna di seluruh dunia. Kendati demikian, Yahoo Groups memastikan akan mengubah skema keanggotaan grup.

Jelang ditutup pada Desember nanti, Yahoo memastikan akan menghapus secara permanen sejumlah konten. Konten-konten tersebut antara lain file, polls, link, foto, folder, kalender, database, sisipan (attachment), conservations, email updates, message digest, dan message history.

Kendati demikian, Yahoo memastikan situs Yahoo Groups akan tetap ada dengan pembatasan grup. Dengan kata lain, jika seseorang hendak bergabung dengan satu grup harus terlebih dahulu diundang oleh admin grup.

“Situs Yahoo Groups akan tetap ada namun semua grup publik akan dibatasi. Jadi, ketika ada anggota baru yang masuk ke grup harus diundang oleh admin,” tulis Yahoo.[]