img: advernesia.com

Saat ini sistem operasi komputer atau OS bisa dibilang sebagai ‘nyawa’ sebuah perangkat komputer baik itu pc, laptop hingga smartphone. Dewasa ini tanpa OS, maka perangkat yg kita gunakan hanyalah sebuah hardware yg mungkin tak akan bisa berfungsi, mengingat begitu besarnya peran sebuah OS.

Saat ini ada beberapa OS yang cukup populer seperti Android, Windows, macOs dan Linux. Semuanya memiliki fungsi yg relatif sama namun memiliki karakter yg berebeda.

Android

Sejak di perkenalkan oleh Google pada 2007, Android berubah menjadi sistem operasi smartphone paling popular di 2016. Kemudian terus mengalami peningkatan pengguna setiap tahunnya. Tahun 2009 Google mencatat ada 6,8 juta smartphone Android terjual.

Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yg awalnya didirikan oleh Andy Rubin dan beberapa orang lainnya pada Oktober 2003 di Palo Alto, California , saat itu dengan dukungan dana dari Google hingga akhirnya Google membelinya Android.Inc pada tahun 2005. Kini Android benar-benar merajai pasar smartphone yg sebelumnya sempat di kuasai oleh Blackberry dan Nokia.

Microsoft Windows

Perusahaan Microsoft didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada April 1975, meski kemudian nama Bill Gates lebih tenar, perusahaan ini kemudian meluncurkan Windows 1 pada 1985. Selama 29 tahun Windows telah berevolusi dari Windows 1 hingga Windows 10 yg release pada Juli 2013.

Meski dikenal sebagai sistem operasi komputer, Windows juga di produksi untuk server dan mobile, ada 13 versi Windows untuk konsumen umum, 2 untuk server dan 3 untuk HP.

macOS

MacOs merupakan sistem operasi komputer besutan Apple, sebuah perusahaan teknologi yg didirikan oleh Steve Jobs dan rekannya. MacOs pertama kali di perkenalkan pada 1984 sebagai seri kedua dari sistem operasi Macintosh, kemudian versi desktopnya di luncurkan Maret 2001 dgn nama macOs X.

Berbeda dgn Windows yg banyak kita temukan pada berbagai merk PC/Laptop. MacOs secara khusus digunakan pada komputer buatan Apple seperti iMac, Macbook, Mac Mini, dll. Secara konsep OS ini juga berbeda dibandingkan yg lain karena closed source atau sumber tertutup, hal ini membuat pengguna komputer yg hobi mengotak-atik PC merasa tidak mendapatkan banyak kebebasan, hingga saat ini macOs sudah sampai versi 10.15 (Catalina).

iOS

Tahun 2007 Apple memperkenalkan iPhone pertama mereka bersamaan dgn sistem operasi yg di usung yaitu iOS yg saat itu disebut iPhone OS. Selain berjalan pada iPhone juga terdapat pada iPod dan komputer tablet iPad pada tahun 2010, saat ini iOS sudah berkembang hingga versi 13.5.

Linux

Sistem operasi ini awalnya di perkenalkan oleh Linus Torvalds pada 1990, seorang software enginer asal Finlandia. Saat ia masih menyandang status mahasiswa di Universitas Helsinki, Torvalds mulai mengembangkan Linux, berdasarkan data dari GlobalStats saat ini ada 32 juta pengguna komputer berbasis Linux dgn berbagai varian.