Lionel Messi bisa bikin Barcelona bangkrut | Foto: CNN Indonesia/AP

LIONEL Messi bisa membuat Barcelona makin mendekat pada kebangkrutan di akhir musim setelah meninggalkan Camp Nou setelah kontraknya habis.

Kontrak Messi dengan Barcelona berakhir pada 30 Juni 2021 mendatang. Sejauh ini, bintang asal Argentina itu tidak memberikan sinyal akan bertahan dengan memperpanjang kontrak.

Dikutip dari Diario Gol, Barcelona harus membayarkan sekitar 30 juta euro atau setara dengan Rp519,7 miliar sebagai bagian dari bonus usai perpanjangan kontrak sebelumnya.

Bonus tersebut merupakan apresiasi dari loyalitas Messi yang memperbarui kontrak dengan Blaugrana pada 2017.

Angka tersebut awalnya 66 juta euro, namun sudah dibayarkan Barcelona setelah penandatanganan kontrak baru. Bonus loyalitas itu juga pernah diterima legenda Barcelona lain: Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Menurut laporan tersebut, Messi tidak peduli dengan kondisi keuangan Barcelona saat ini yang tengah krisis. Striker 33 tahun itu akan tetap meninggalkan Camp Nou dengan meminta semua haknya dari bonus loyalitas tersebut.

Klausul yang dibuat presiden klub sebelumnya Josep Bartomeu dan dewan direksi tentu saja tidak akan menguntungkan Barcelona pada saat ini dan bisa menempatkan klub asal Catalunya itu selangkag menuju kebangkrutan.

Meski demikian, untuk jangka panjang, melepas Messi bisa menyeimbangkan keuangan Barcelona di masa depan. Saat ini berdasarkan kontraknya pada 2017, La Pulga menerima gaji sebesar 99,6 juta euro (sekitar Rp1,7 triliun).

Dengan melepas Messi, Barcelona bisa lebih berhemat dan memiliki peluang memulihkan finansial mereka di tengah krisis akibat pandemi virus corona.

Messi diklaim ngotot pergi dari Barcelona karena ingin bergabung dengan tim yang memiliki skuad kompetitif dalam bersaing, terutama di Liga Champions.

Pada saat ini, Barcelona jauh dari tim yang diharapkan Messi itu. Meski demikian, memiliki pemain muda seperti Ansu Fati, Sergino Dest, Pedri, hingga Frenkie de Jong akan membuat Blaugrana berinvestasi di masa depan.

Akan tetapi, Messi tidak ingin menunggu, karena ia sadar sudah memasuki akhir-akhir dari kariernya sebagai pemain.

Sejauh ini, Manchester City dikabarkan jadi klub yang paling berpeluang menampung Messi lantaran faktor Pep Guardiola.[] Sumber: CNN Indonesia