Masjid Al Munawwarah Kota Jantho | Foto: Boy Nashruddin Agus/Sumaterapost.com

NAMA bangunan itu Masjid Al Munawwarah. Letaknya di ibu kota Aceh Besar, Jantho. Kubah masjid ini berkelir putih. Tiap sudut bangunan masjid terdapat konstruksi beton menyerupai tangga yang menyambung dari lantai dasar luar ke bagian atap. Di samping masjid itu terdapat menara. Bentuknya serupa Tugu Monas tanpa bentuk api yang terbuat dari emas, atau Jam Gadang di Sumatera Barat tanpa bubungan atap khas daerah setempat.

Kubah masjid bercat putih itu dilengkapi oleh delapan toa, pelantang suara yang berfungsi saat muadzin mengumandangkan azan. Sementara di bagian sayap kiri dan kanan bangunan tertutup beton putih. Ada lima pasang jendela berukir khas timur tengah di beton itu. Masih di bagian kanan dan kiri masjid, bangunan tersebut juga dilengkapi dengan sepasang pintu besar berkubah.

Tujuh pilar penyangga yang lagi-lagi berkelir putih menyambut jamaah di bagian depan bangunan masjid tersebut. Ke tujuh pilar itu diapit oleh dua pasang jendela yang memiliki ventilasi ukiran khas Timur Tengah.

Tepat di depan bangunan masjid terdapat kolam air mancur, tiang bendera yang mengibarkan Merah Putih, dan taman kecil. Sementara di sisi kiri bangunan itu terdapat kolam ikan dengan beberapa jenis ikan hidup di kolam tersebut.

Tak jauh dari kolam ikan ini terdapat panggung yang dibangun dengan kontruksi beton. Panggung itu biasanya menjadi ajang eksekusi bagi pelanggar syariat Islam di kawasan Aceh Besar.

Memasuki bagian dalam masjid, beragam corak motif hiasan menempel di dinding. Warnanya beragam, ada hijau, kuning keemasan hingga orange. Tepat di tengah kubah bagian dalam juga terdapat kaligrafi nan indah yang dibentuk dalam sebuah lingkaran. Ada kandil menjuntai dari bawah kubah itu.

Masjid Al Munawwarah Jantho yang dibangun pada tahun 1985 itu disebutkan mampu menampung 900 jamaah. Setidaknya demikian data yang tertulis dalam simas.kemenag.go.id yang dilansir sumaterapost.com, Minggu, 2 Mei 2021 malam. Lantai masjid beralas keramik mengkilat. Suasana sejuk menyergap kala kita memasuki bagian dalam bangunan itu.

Foto-foto ini merupakan karya Boy Nashruddin Agus yang diabadikan pada Jumat akhir April 2021. []