ALIANSI Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh menggelar diskusi publik bertajuk “Minerba Aceh Simalakama” di d’Energy Cafe pada Sabtu, 27 Maret 2021.

Hadir sebagai pemateri Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh Mahdinur, Ketua Komisi II DPRA Irpannusir, Akademisi Teknik Geologi Universitas Syiah Kuala (USK) Bambang Setiawan dan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Aceh Muhammad Nur.

Ketua AJI Banda Aceh, Misdarul Ihsan mengatakan, diskusi publik ini merupakan rangkaian kegiatan Konferta AJI ke-9 Kota Banda Aceh.

“Setiap tiga tahun sekali AJI Banda Aceh memilih ketua baru. Dan sudah menjadi kebiasaan, sebelum Konferta digelar, diadakan diskusi publik seperti ini,” kata Ihsan dalam sambutannya.

Dalam Konferta kali ini, kata Misdarul, AJI Banda Aceh memilih tema soal Minerba. Dia berharap peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan diskusi ini hingga selesai.

Sementara itu, Ketua Panitia Aprijal Rachmad mengatakan, kegiatan ini diikuti 100-an peserta yang terdiri dari para anggota AJI Kota Banda, serikat jurnalis yang ada di Aceh serta beberapa LSM lainnya yang ada di Aceh.

“Terima kasih kami ucapkan kepada para panitia dan juga sponsor kegiatan ini. Selamat mengikuti diskusi publik Minerba Aceh Simalakama,” pungkasnya.[]