Foto: Istimewa

PENETAPAN Sayuti Abubakar sebagai calon Wagub Aceh mengejutkan banyak kalangan, termasuk Tim Pemenangan Irwandi-Nova yang tergabung dalam Relawan Irwandi Center. Namun mereka siap menyokong keputusan yang dikeluarkan Partai Nanggroe Aceh (PNA) tersebut.

Untuk diketahui, nama Sayuti Abubakar tak pernah muncul ke publik sebagai bakal calon yang direkomendasikan oleh Irwandi Yusuf. Namun Majelis Tinggi Partai Nanggroe Aceh (MTP-PNA) akhirnya menetapkan Sayuti Abubakar sebagai calon Wagub Aceh dari PNA.

Sekjen Relawan Irwandi Center, Ismail Amin, kepada sejumlah wartawan, Kamis, 11 Maret 2021 menyatakan, mereka berkomitmen mendukung sepenuhnya terhadap apapun keputusan PNA.

“Relawan Irwandi Center yang tersebar di 23 kabupaten/kota sangat mendukung Sayuti Abubakar dipilih sebagai calon yang diusung oleh PNA untuk mengisi kekosongan jabatan Wagub Aceh priode 2017-2022,” kata Ismail Amin yang akrab disapa Akhi Rayeuk ini.

Menurut Akhi Rayeuk, keputusan MTP PNA merupakan pilihan tepat. Dia menilai Sayuti memiliki kapasitas dan potensi untuk dipercayakan mengikuti kompetisi politik dengan calon lainnya dalam pemilihan Wagub Aceh.

Sekjen IC berharap jika Sayuti kelak mendampingi Gubernur Aceh Nova Iriansyah dapat menjalankan tugas dengan baik. Sayuti juga diharap dapat membantu tugas-tugas Gubernur Aceh dalam mewujudkan visi misi 10 program pokok Aceh Hebat.

Sementara Ketua Relawan IC Aceh M Sakdan Abidin menegaskan, posisi Sayuti adalah kader murni partai PNA.

“Beliau juga relawan yang berkorban segalanya saat Pilkada dulu dan sangat dekat dengan kalangan relawan,” tegasnya.

Sakdan Abidin menambahkan, jauh sebelumnya para Relawan Irwandi Center yang merupakan wadah sayap partai PNA, telah mengadakan rapat koordinasi yang dihadiri oleh perwakilan relawan dari 19 kab/kota. Dalam rapat itu, sebelumnya para perwakilan sepakat mendukung pencalonan M. Zaini Yusuf sebagai bakal calon wagub Aceh.

Disebutkan, meski akhirnya kandidat usulan pihaknya tak ditetapkan sebagai calon yang ditetapkan MTP, akan tetapi relawan tetap patuh apapun keputusan pimpinan. Apalagi menurutnya yang dipilih adalah kader terbaik PNA.

“Menurut kami, Sayuti adalah seorang figur yang mudah berkomunikasi dengan kalangan manapun, baik partai ataupun elemen masyarakat, apalagi beliau punya latar belakang yang baik dengan loyalitasnya tak perlu kita ragukan,” sebut Sakdan.

Sakdan juga berharap kepada kalangan internal partai atau relawan agar tak lagi saling menyalahkan apalagi saling serang yang akhirnya menghambat dan memakan waktu proses pengisian kursi Wagub sisa periode 2017/2022.

Seperti diketahui, teka-teki siapa yang akan ditunjuk PNA untuk mengisi posisi Wagub Aceh sisa masa jabatan periode 2017-2022 kini terjawab sudah. Sebelum nama Sayuti muncul, ada beberapa nama yang kental beredar di publik untuk mendapat rekomendasi PNA. Mereka adalah Tgk. Mukharuddin, Muhammad MTA, Muhammad Nazar, Fahlevi Kirani, Darwati A Gani, Samsul Bahri alias Tiyong, Muksalmina, dan terakhir M. Zaini Yusuf.[]