VIDEO seorang pria membakar bendera Merah Putih yang disertai lirik “Panglima Prang” mendadak viral setelah @aidilrafa3 membagikannya ke akun tiktok, Sabtu, 29 Januari 2021. Postingan ini belakangan menyebar luas di media sosial, termasuk Instagram, dan memantik penyelidikan lebih lanjut oleh pihak kepolisian.

Penelusuran yang dilakukan Sumaterapost.com, Sabtu, 30 Januari 2021, memperlihatkan akun tiktok milik @aidilrafa3 dan @aidial266 tersebut tidak dibuka untuk umum.

Polisi pun belum mengetahui siapa pelaku pembakaran bendera Merah Putih yang terlihat di video tersebut. Namun dari gambar video itu diketahui lokasi pembakaran bendera Indonesia itu berada di dekat sebuah rumah, dengan latar pepohonan. Bendera Merah Putih yang dibakar pun seperti ditancap pada tiang kayu.

Dari video itu juga memperlihatkan pelaku menyiram cairan dari sebuah botol mineral, yang diduga berisi bensin atau sejenisnya, untuk menyulut api. Pelaku juga mengenakan kaos lengan pendek bermotif dengan celana pendek berwarna hitam.

“Lagi kita telusuri. Kalau ada hasil, kita tindak lanjuti,” kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy seperti rilis yang masuk ke sejumlah media massa, Sabtu, 30 Januari 2021.[]