BANJIR dan longsor masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Aceh hingga Senin, 25 Januari 2021 besok. Prediksi ini disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akibat dampak curah hujan tinggi di wilayah dataran rendah hingga dataran tinggi di Aceh.

“Potensi curah hujan tinggi dan berdampak banjir di wilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi,” kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria, Sabtu, 23 Januari 2021.

Peringatan dini ini menurut BMKG, berlaku sejak Minggu pukul 07.00 WIB hingga Senin besok.

Adapun sejumlah wilayah yang diperkirakan diguyur hujan lebat yaitu Linge di Aceh Tengah. Selanjutnya hujan dengan intensitas tinggi juga diprediksi melanda kawasan Tripe Jaya, Terangun, Blang Jaro, Kuta Panjang, Blang Pegayon, Putri Betung, Blangkejeren, Dabun Galang, Pantan Cuaca, Rakit Gaib dan Pining Kabupaten Gayo Lues.

Hujan dengan intensitas tinggi juga diperkirakan terjadi di Jeumpa dan Blang Pidie Aceh Barat Daya, Darul Hasanah dan Ketambe Aceh Tenggara, serta Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan.

“Kami keluarkan peringatan dini cuaca yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi. Untuk itu kami imbau untuk selalu waspada terhadap potensi yang dapat berdampak pada terjadi banjir dan longsor,” kata Zakaria.[]