SEJUMLAH gampong di Kabupaten Aceh Timur kembali digenangi air akibat intensitas hujan yang tinggi di kawasan tersebut, Sabtu, 9 Januari 2021 sekitar pukul 12.46 WIB. Banjir di kawasan tersebut juga dipicu oleh jebolnya tanggul sungai Jambo Rehat di Kecamatan Banda Alam.

Adapun gampong yang terdampak banjir pekan kedua Januari 2021 ini adalah Gampong Blang Rambong dan Gampong Jambo Reuhat.

Di Blang Rambong sebanyak 30 unit rumah dilaporkan terendam air. Begitu pula di Jambo Reuhat, banjir juga menggenangi 30 unit rumah di kawasan tersebut.



Kondisi terkini banjir di dua gampong di Aceh Timur pada Sabtu, 9 Januari 2021 | Foto: Media Center BPBA

Total korban terdampak dari musibah kedua tahun 2021 ini sebanyak 60 Kepala Keluarga yang menampung 250 jiwa.

“Kondisi terakhir debit air semakin meningkat dengan ketinggian 20-60 Centimeter,” tulis Haslinda Juwita, dari Media Center Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) kepada awak media.

Banjir yang melanda Aceh Timur merupakan peristiwa ketiga kalinya dalam dua bulan terakhir. Banjir pertama melanda daerah tersebut pada awal Desember 2020 yang mengakibatkan ratusan desa terdampak.

Selanjutnya banjir juga menggenangi kawasan Aceh Timur di awal Januari 2021 yang menyebabkan tiga orang meninggal dunia, dan puluhan gampong terendam air.[]