KAPAL Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 2 mulai melayani rute Pelabuhan Ulee Lheue-Balohan sejak Sabtu, 30 Januari 2021. Kapal ini merupakan satu dari tiga kapal motor yang dirakit Pemerintah Aceh untuk menjadi pendukung transportasi laut di daerah tersebut.

Kapal yang melayani pengangkutan barang dan penumpang ini pertama kali tiba di Aceh pada 19 Desember 2020 lalu. Kapal ini dibangun dan sebelumnya telah dinyatakan lulus uji laik layar di Perairan Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Pelayaran perdana KMP Aceh Hebat 2 untuk umum yang dinahkodai oleh Kapten Rubai ini turut mendapat pantauan dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Gubernur Aceh berharap KMP Aceh Hebat 2 dapat memperlancar mobilitas penumpang dan barang dari dan ke Sabang. Kapal tersebut juga diharap dapat mendukung pariwisata Sabang.

KMP Aceh Hebat 2 dalam pelayaran perdana untuk publik tersebut turut mengangkut 280 penumpang. Selain itu, KMP Aceh Hebat 2 juga mengangkut 80 unit sepeda motor dan 27 mobil roda empat, serta satu unit roda enam.

Pelayaran kali ini juga dibarengi oleh 15 awak kapal (ABK).

Pengoperasian tersebut dilakukan setelah penandatanganan Perjanjian Sewa Antara Pemerintah Aceh dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Tentang Pemanfaatan Kapal KMP Aceh Hebat 2 Barang Milik Aceh. Penandatanganan itu dilakukan oleh Sekda Aceh Taqwallah bersama General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Persero Cabang Banda Aceh, Syamsuddin, yang berlangsung di Kantor Gubernur Aceh, Jumat, 29 Januari 2021 kemarin.

“Alhamdulillah tahapan-tahapannya sudah kita lalui, dengan penandatanganan kontrak ini maka segera akan dilakukan pelayaran perdana dari Ulee Lheue ke Balohan. Insya Allah besok kegiatan ini sudah dapat dilaksanakan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi, Jumat kemarin.[]