PENDIRI Pondok Pesantren Daarut Tauhid (DT), Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym terkonfirmasi positif Covid-19. Kabar serupa juga datang dari ulama kondang Syekh Ali Jaber yang saat ini dirawat di sebuah rumah sakit.

“Alhamdulillah sesudah di-swab kemarin di RS Dustira, hasilnya positif. Alhamdulillah berarti harus karantina,” ujar Aa Gym melalui video Kajian MQ Pagi yang dibagikan Dewan Kemakmuran Masjid DT, Selasa, 29 Desember 2020 pukul 05.02 WIB.

Dalam video tersebut, Aa Gym mengatakan hasil swab masih bagus dengan saturasi oksigen 98, denyut nadi 82, dan suhu tubuh 36,3 derajat.

Aa Gym turut menceritakan kronologi kegiatan selama sepekan terakhir, sebelum akhirnya terkonfirmasi positif Covid-19. Pada Rabu, 23 Desember 2020, Aa Gym melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung selama lima jam. Dia kemudian ikut camping di Eco 2, dan berenang serta bekerja dari Eco 2 keesokan harinya.

Aa Gym lantas bersepeda dan ikut jumatan di halaman Masjid Salman ITB pada 25 Desember 2020. Kebetulan kondisi masjid tersebut sepi dan dirinya tidak melakukan kontak dengan siapa pun.

Namun saat akan pergi ke Jakarta pada Sabtu, 26 Desember 2020, Aa Gym merasa tidak fit. Dia lantas meminta infus dan minum vitamin. Selanjutnya Aa Gym diperiksa dengan rapid test, tetapi hasilnya nonreaktif.

Meskipun demikian, Aa Gym diminta untuk istirahat karena diduga kelelahan. Aa Gym sendiri berinisiatif untuk isolasi mandiri di suatu tempat sembari menunggu giliran tes swab. Selama proses tersebut, Aa Gym turut ditemani sang anak.

Tes swab baru keluar pada Senin malam dengan menunjukkan hasil positif Covid-19. Sementara anak Aa Gym negatif.

“Alhamdulillah, semua ini qodarullah (ketentuan Allah). Sudah berusaha sedisiplin mungkin, mengajak orang disiplin. Tapi mungkin dalam pandangan Allah banyak hal yang harus diperbaiki,” ucap dia.

Selain Aa Gym, ulama kondang lain yang dikabarkan positif Covid-19 adalah Syekh Ali Jaber. Ulama asal Madinah itu mengaku terkejut saat menerima hasil tes swab.

Alhamdulillah. Innalillahi wa innailaihi raji’un, subhanallah. Nggak nyangka padahal sering swab sudah berkali-kali dan selalu negatif,” ujar Syekh Ali Jaber dalam sebuah video seperti dilansir Okezone.com.

Dia mengaku sebelum melakukan tes swab itu, badannya mulai terasa panas. “Saya rasa biasa-biasa saja, tapi subhanallah qadarullah, saya disuruh swab ternyata hasilnya positif,” lanjut Syekh Ali Jabber.

Sebelumnya, Ustadz Yusuf Mansur yang dikabarkan pernah terpapar Covid-19, turut mengajak pengikutnya di Instagram untuk mendoakan Aa Gym dan Syekh Ali Jaber. Selain kedua penceramah kondang itu, Ustadz Yusuf Mansyur juga menyebut nama Ustadz Syafii Antonio yang juga terpapar Covid-19.

Di akun IG pribadinya, Yusuf Mansur turut mengingatkan agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan virus corona. “Maskeran lah di mana2. Dan jangan yg kaen. Trs rajin2 cuci tangan, hindarin kerumunan bener. Kalo ga, makin panjang lagi Covidnya. Sbb ga putus2 mata rantainya,” kata Yusuf Mansur.[]