MENTERI Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya ASN di lingkungan UIN Ar Raniry, untuk berpegang teguh pada Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa, dasar dan ideologi negara Republik Indonesia. Terlebih, menurut Menag, founding fathers bangsa Indonesia telah berkomitmen dengan ideologi Pancasila.

“Jangan sampai kita diceraiberaikan dengan paham apapun yang pada akhirnya meruntuhkan ideologi Pancasila dan bangsa ini,” kata Menag Fachrul Razi dalam orasi ilmiah di Gedung Auditorium Ali Hasjmy Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Senin, 14 Desember 2020.

Menurut Fachrul Razi, wajib bagi semua ASN untuk berkomitmen penuh dan berpegang teguh pada ideologi Pancasila. Dia bahkan berharap tidak ASN yang menjadi pengkhianat Pancasila.

“Jika ada ASN yang tidak setuju dengan ideologi Pancasila, saya kira kita sependapat bahwa dia tidak pantas menjadi ASN,” kata Fachrul Razi.

Fachrul Razi juga meminta para ASN untuk dapat bersikap militan dan mampu menjadikan regulasi serta peraturan perundang-undangan sebagai panduan. Apalagi kata Menag, ASN merupakan representatif atau wajah negara.

“Masyarakat umum akan memberikan penilaian atas bagaimana wajah negara itu diindikasikan dalam prilaku kita selaku ASN, baik saat kita bekerja maupun di rumah masing-masing,” kata Menag Fachrul Razi.[]