Jubir Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani | Foto: Istimewa

JURU Bicara Satuan Tugas (Satgas) Saifullah Abdulgani atau SAG, mengonfirmasi adanya empat kasus baru Corona Virus Disease (Covid-19) di Aceh pada Minggu, 21 Desember 2020 kemarin. Ke empat orang yang disebutkan positif Covid-19 tersebut dua diantaranya merupakan warga Bireuen, satu orang warga Aceh Utara dan sisanya warga Aceh Timur.

“Ini menunjukkan virus corona masih menjalar di tengah-tengah masyarakat,” kata SAG kepada awak media.

Meskipun jumlah penambahan kasus tidak banyak, tetapi menurut SAG, Satgas Covid-19 bidang kesehatan akan tetap melakukan tracing terhadap kontak erat dari kasus-kasus baru tersebut. Hal ini dilakukan guna memutuskan rantai penularan lebih lanjut kepada masyarakat.

Dia mengimbau agar masyarakat Aceh untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Menurutnya prilaku jaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir wajib dijalankan oleh masyarakat secara disiplin dan konsisten.

“Selagi status bencana nonalam pandemi Covid-19 belum dicabut, protokol kesehatan wajib diterapkan oleh setiap individu maupun penyedia jasa pelayanan publik, baik oleh pemerintah maupun pihak swasta,” kata SAG.

Selain empat kasus baru Covid-19 di Aceh, SAG juga memaparkan jumlah penderita yang sembuh pada Minggu kemarin mencapai 11 orang. Dengan demikian, menurutnya, jumlah kumulatif penderita Covid-19 yang sembuh di Aceh sudah mencapai 7.414 orang.

“Kasus sembuh paling banyak kali ini warga Aceh Barat,” tambah SAG.

SAG turut merincikan penderita Covid-19 yang sembuh masing-masing tujuh orang dari Aceh Barat, tiga dari Langsa, dan satu lainnya adalah warga Pidie Jaya.[]