Ilustrasi rapid tes oleh tenaga kesehatan | Foto: Istimewa

ACEH akan memberlakukan Gerakan Nakes Aceh Cegah Covid-19 tahap kedua pada 24 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Gerakan tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Kota dan Pengetatan Cuti Bagi ASN.

“Gencar tahap pertama dulu terbukti efektif mengantisipasi peningkatan Covid. Nah, sebagai antisipasi peningkatan kasus di masa libur Natal dan tahun baru, Gencar tahap kedua akan kembali digelar,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, Selasa, 22 Desember 2020 kemarin.

Dia mengatakan untuk mempersiapkan hal itu, Sekda Aceh Taqwallah akan membicarakannya dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan para kepala dinas kesehatan, yang ada di seluruh kabupaten dan kota di Aceh. Pembicaraan itu digelar virtual dengan mengikutsertakan para kepala puskesmas serta bidan desa.

“Sebagai tenaga kesehatan di daerah, mereka semua tetap menjadi ujung tombak dari Gencar tahap dua ini,” kata Iswanto.[]