MENTERI Dalam Negeri Tito Karnavian meminta semua pihak untuk optimis dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19 yang sedang dihadapi Indonesia dan masyarakat dunia sekarang ini. Menurut Mendagri salah satu cara melahirkan rasa optimis tersebut adalah dengan membangun kekompakan.

“Semua harus optimis menghadapi pandemi Covid-19 dan dampak sosial ekonominya,” ujar Mendagri Tito dalam sambutannya di pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh definitif untuk sisa masa jabatan 2017-2022. Pelantikan yang mengedepankan protokol kesehatan serta undangan terbatas itu dihelat di Ruang Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), di Banda Aceh, Kamis, 5 November 2020 kemarin.

Dalam sambutan itu, Mendagri Tito Karnavian juga meminta Pemerintah Aceh dan semua pihak untuk pandai membaca peluang dengan terobosan-terobosan yang kreatif dan inovatif. Menurutnya hal itu sangat diperlukan di tengah tantangan situasi sulit pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Sehingga justru dapat memicu percepatan pembangunan dengan segenap sumber daya yang telah tersedia, ini adalah pandemi Covid-19, ini adalah tantangan,” kata Mendagri Tito.

Dia kemudian merujuk pada pemilihan presiden Amerika Serikat yang menyorot pandemi Covid-19 sebagai isu sentral dalam pertarungan politik demokrasi di negara itu.

Selanjutnya, Mendagri Tito juga menyampaikan bahwa pemerintah tidak berdiam diri dengan kondisi negara di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya berbagai program pusat, baik fisik maupun nonfisik terus dipacu. “Semua program itu harus dilaksanakan untuk mengatasi pandemic Covid-19 dan juga mendorong percepatan pembangunan tersebut,” katanya.

Berdasarkan data yang tercatat di situs Covid19.acehprov.go.id diketahui hingga Kamis, 5 November 2020 pukul 15.00 WIB diketahui sebanyak 7.563 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Aceh. Sekitar 1.403 orang masih dalam perawatan dan 5.881 pasien dinyatakan sembuh.

Masih berdasarkan data tersebut, sebanyak 279 orang di Aceh dinyatakan meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Sementara daerah kabupaten dan kota yang terbanyak konfirmasi positif Covid-19 adalah Aceh Besar dan Banda Aceh.[]