WAKIL Negara Bagian Duma, Gadzhimurad Omarov, mengusulkan Khabib Nurmagomedov diangkat menjadi pahlawan Rusia usai menyatakan pensiun dari dunia pertarungan Mixed Martial Arts (MMA). Usulan tersebut disampaikan Gadzhimurad Omarov melalui surat resmi yang disampaikan kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Senin 2 November 2020 waktu setempat.

Omarov menilai banyak faktor yang membuat Khabib layak dinobatkan sebagai pahlawan Rusia. Sebagai petarung, menurut Omarov, prestasi Khabib  telah mengharumkan Rusia dengan rekor tak terkalahkan selama berkarier di dunia MMA.

Khabib juga menjadi sosok yang dicintai oleh masyarakat dunia karena menjunjung tinggi sportivitas dalam setiap pertandingan. Selain itu, pria 32 tahun tersebut juga memegang kuat nilai-nilai keluarga, sehingga menjadi teladan bagi anak-anak muda.

“Di waktu yang sulit seperti saat ini, ketika level moralitas di antara para pemuda mulai menghilang, Khabib adalah orang yang dapat menjadi contoh kepada setiap pemuda,” ujar Omarov, seperti dikutip Okezone.com dari Sports.ru.

Omarov juga menilai hubungan baik Khabib dengan keluarga dan nilai kekeluargaan yang ada juga layak mendapatkan penghormatan lebih.

“Khabib aktif mempromosikan dan mengembangkan olahraga, gaya hidup sehat, nilai-nilai kekeluargaan di Rusia di kalangan anak muda dan generasi muda, serta melakukan kegiatan amal. Saya yakin, sebagian besar warga Federasi Rusia akan mendukung inisiatif ini,” tandas Omarov.[]