18 Klub Shopee Liga 1 2020 Sepakat Kompetisi Lanjut 1 November | Foto: Detik.com

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sepakat untuk kembali melanjutkan kompetisi Liga 1 pada 1 November 2020. Kesepakatan tersebut disampaikan PT LIB dan PSSI dalam Extraordinary Club Meeting yang diikuti 18 klub di Royal Ambarukmo Hotel, Yogyakarta, pada Selasa, 13 Oktober 2020 siang.

Dalam pertemuan itu, Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, memastikan pihaknya siap membantu PSSI untuk menjalankan roda kompetisi sepak bola di Indonesia. Dengan adanya kesepakatan tersebut, Lukita juga memastikan akan segera mempersiapkan semuanya agar bisa berjalan dengan baik. Hal itu termasuk memperbarui jadwal pertandingan antar tim Liga 1.

“PT LIB sebagai operator siap menjalankan kembali kompetisi sesuai dengan keputusan PSSI. Tentunya kami akan persiapakan segala hal termasuk jadwal,” kata Lukita.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan akan berupaya meyakinkan Polri agar dapat memberikan rekomendasi izin pelaksanaan pertandigan Liga 1.

Terkait hal ini, GM Borneo FC Firman Achmadi selaku perwakilan klub menyambut antusias kesepakatan tersebut. “Klub sepakat kompetisi ini dilanjutkan dengan tujuan untuk kepentingan Timnas ke depan agar bisa bersaing pada perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2021,” kata Firman.

Ada beberapa poin kesepakatan yang dihasilkan dalam extraordinary club meeting 2020 tersebut, diantaranya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pemerintah yang telah mendukung percepatan pembangunan persepakbolaan nasional.

Poin selanjutnya, peserta extraordinary club sepakat kompetisi ini dilanjutkan dengan tujuan untuk kepentingan Timnas ke depan agar bisa bersaing pada perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Selain itu, 18 klub bersama PT LIB dan PSSI menilai dengan bergulirnya kompetisi lanjutan turut menghidupkan sektor ekonomi, antara lain sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan akan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam penyebaran COVID-19.

“Persiraja siap untuk melanjutkan kompetisi di bulan November mendatang,” ujar Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam kepada awak media di Banda Aceh.

Sementara itu, menurut Sekretaris Umum (Sekum) Persiraja, Rahmat Djailani yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan Liga dilanjutkan 1 November. Dengan tetap melanjutkan pekan keempat. Akan tetapi apabila pada 1 November tidak bisa dilanjutkan, maka dijadwalkan 1 Desember, dengan opsi berubah format.

Sambung Rahmat, menyimpulkan hasil meeting, apabila 1 Desember tidak bisa dilanjutkan, maka akan dilanjutkan 1 Januari dengan perubahan format dua wilayah.

“Semua pemain stand by di Yogyakarta dan berlatih seperti biasa. Semua sudah clear, Persiraja tegas dan PSSI sudah mengambil poin-poin kesimpulan tentang lanjutan kompetisi, dan kita tidak keberatan,” pungkasnya. []