ilustrasi (img: harnas.co)

Saudi Arabia atau disebut juga The Kingdom of Saudi Arabia (KSA) salah satu negara timur tengah yang dikenal sebagai pusat sejarah Islam dengan dua kota penting bagi umat Islam yaitu Mekkah dan Madinah. Dalam pandangan dunia luar khususnya negara barat, Arab Saudi sering dianggap sebagai negeri konservatif terkait penerapan syariat Islam dan pengekangan terhadap wanita, namun terlepas dari semua itu ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh negara ini:

Gaji Tinggi

Arab Saudi adalah negara penghasil minyak yang terus membangun, hal inilah yang kemudian membuat lowongan kerja sangat banyak, mulai dari pekerjaan berkelas hingga pekerjaan kasar. Orang Arab Saudi memang dikenal enggan melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti buruh bangunan, pembantu rumah tangga, dll. Hal ini kemudian membuka pintu lebar-lebar untuk TKW, jika ada yang mau melakukannya biasanya hanyalah suku Badui yang merupakan suku asli Arab Saudi, mereka dikenal sebagai suku pengembala. 

Berhaji dan Umrah Secara Mudah

Pergi Haji merupakan kewajiban bagi Muslim dewasa yang sudah memenuhi syarat, namun demikian berangkat Haji bagi orang luar Arab Saudi terbilang sulit, selain butuh dana yang besar juga harus menunggu waktu antrian yang tidak sebentar, tentu saja kesulitan ini tidak berlaku bagi orang-orang yang menetap di Arab Saudi, bisa pergi Haji dan Umrah dengan mudah.

BBM Murah

Sebagai negara penghasil penghasil minyak terbesar dunia tak mengherankan jika harga bahan bakar di negara ini sangat murah, bahkan ada yang mengatakan lebih murah dari air mineral. Sebagai contoh bensin dengan RON 91 (dibawah pertamax) harganya 0,67 Rial per liter atau setara dengan Rp 2.680 (kurs Rp 4.000 per Riyal), sebagai pembanding, harga pertamax di Indonesia di atas Rp 9.800 per liter.

Kesehatan dan Pendidikan Gratis

Selain memiliki sumber daya alam yang melimpah Arab Saudi juga memberi tunjangan sosial kepada rakyatnya seperti kesehatan gratis, pendidikan gratis dan berbagai tunjangan sosial untuk wanita. Seperti dikutip dari liputan6.com, pengangguran di Arab Saudi bahkan mendapat tunjangan hampir 5 juta/bulan.   

Poligami

Mungkin ini bukanlah sebuah kelebihan namun bagi orang-orang yang ingin memiliki lebih dari satu istri maka Arab Saudi adalah surganya, bagaimana tidak poligami adalah suatu hal yang lazim di negara ini, poligami menjadi jalan pintas bagi wanita yang tidak ingin dianggap perawan tua serta mencegah hubungan diluar nikah.