PANGLIMA Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) menjalani vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Kota Banda Aceh pada Jumat, 15 Januari 2021.

Panglima mendapatkan suntikan urutan kedua setelah Gubernur Nova Iriansyah, sekaligus menandai dimulainya program vaksinasi Covid-19 di Provinsi Aceh.

Selain Panglima, pejabat utama Kodam IM yang mendapat kesempatan divaksin yakni Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM), Brigjen TNI Joko Purwo Putranto, dan Kepala Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kakesdam IM), Kolonel Ckm dr. Ismi Purnawan. Sp.JP (K) M.A.R.S., FIHA.

Usai menjalani vaksinasi Covid-19, Panglima terlihat santai, tersenyum dan memberikan jempol kepada awak media. Hal yang sama juga dilakukan Kasdam IM dan Kakesdam IM.

Setelah menjalani seluruh proses rangkaian vaksinasi, Gubernur Aceh didampingi Pangdam IM dan unsur Forkopimda lainnya menggelar konferensi pers.

Gubernur menyampaikan, sebelum seluruh masyarakat Aceh divaksin, penting mengetahui bahwa vaksin tersebut telah melewati dua tahapan penting.

Pertama, vaksin itu telah melewati uji klinis oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) dan telah mendapatkan sertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pemerintah Aceh juga telah mengomunikasikan dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh terkait kehalalan vaksin tersebut.

“Alhamdulillah sudah mendapatkan restu MPU, hari ini kita masuk ke fase paling penting yaitu vaksinasi,” kata Nova.

Nova mengimbau seluruh masyarakat Aceh untuk mengikuti proses vaksinasi. Karena, dalam konteks wabah Covid-19, penyebarannya sangat masif dan harus ada upaya signifikan untuk menghentikan penyakit ini.

“Kepada seluruh rakyat Aceh, saya imbau melalui tokoh masyarakat bahwa vaksin ini aman, karenanya mari melakukan gerakan vaksinasi agar Covid cepat selesai, utamanya di Aceh,” pungkasnya.[]