Ilustrasi | Foto: marketwatch.com

HAMPIR setiap manusia di muka Bumi ini pernah merasakan stress. Penyebabnya beragam, mulai tuntutan pekerjaan, faktor ekonomi, dan bahkan lantaran kurang harmonisnya hubungan dalam keluarga. Stress dapat menyebabkan manusia tidak bergairah alias kurang bersemangat sehingga berdampak pada produktivitas sehari-hari.

Merujuk catatan pakar kesehatan di beberapa sumber, stress dapat diartikan sebagai sebuah tekanan psikologis dan fisik yang bereaksi ketika menghadapi situasi rumit atau berbahaya. Dengan kata lain, stres merupakan cara tubuh Anda menanggapi jenis tuntutan, ancaman, atau tekanan apa pun.

Lantas bagaimana cara mengurangi stress?

Ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress. Orang-orang yang memiliki uang biasanya memilih berlibur ke suatu tempat untuk meredakan stress. Seperti pergi ke laut, berkemah, berburu, atau ada juga yang sekadar berbelanja di mall. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang stress lantaran faktor ekonomi?

Berdasarkan catatan Huffington Post, diketahui bersyukur merupakan salah satu cara ampuh untuk meredakan stress. Meskipun seseorang sedang terpuruk atau kesulitan keuangan, maka bersyukur adalah cara yang tepat. Setidaknya kita masih diberikan kesehatan, masih bisa bernafas, dan mungkin saja masih banyak orang-orang lain yang lebih susah daripada kita. Untuk itu, guna mengurangi stress kita dituntut untuk keluar dari rumah meskipun hanya sekadar menghirup udara segar.

Cara lain mengurangi stress adalah dengan rutin berolahraga, melakukan sosialisasi dengan lingkungan sekitar, dan mencari teman yang mampu menjaga rahasia untuk sekadar berbagi cerita.

Di sisi lain, Huffington Post dalam artikelnya juga menganjurkan agar seseorang yang dihinggap stress untuk dapat mengatur waktu tidur dan bangun pagi lebih cepat. Tidur merupakan salah satu cara tubuh manusia mengumpulkan energi, beristirahat dari rutinitas yang membosankan atau dilanda kecemasan karena beragam hal dalam hidup.

Dengan tidur cepat dan bangun lebih awal, juga akan membantu kita memulai hari dengan baik. Jika mengawali hari dengan kekacauan, energi yang sama akan mengikuti terus saat kita menjalankan aktivitas selanjutnya.

Mengatur pola makan yang baik juga dapat meredakan stress. Nutrisi buruk akan membuat tubuh sulit beradaptasi dengan stres. Ketika kita memberi tubuh asupan nutrisi bagus, itu artinya kita memberi tubuh bahan bakar untuk beraktivitas seharian.

Coba untuk memberi asupan seperti sayur segar, buah, protein, lemak sehat dan kacang-kacangan. Jangan lupa untuk banyak minum air untuk mengembalikan enerji dan meningkatkan fungsi tubuh.

Cara lain untuk meredakan stress adalah dengan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Namun bukan berarti setelah stress reda, ibadah pun ditinggalkan. Banyak orang yang mengaku dengan melaksanakan ibadah dan meningkatkan keimanan juga mampu membuat seseorang lebih tenang dalam menghadapi hidup. Toh semua hal yang terjadi sudah ditakdirkan, tinggal manusia berikhtiar agar takdir tersebut menjauh dari faktor-faktor penyebab seseorang dihinggap stress akut.[]