ARTIKEL TERBARU

Masjid Tuha Indrapuri dalam Ingatan Sejarah

Kendati disebut terpengaruh dengan budaya Hindu, tetapi penelitian teranyar menyimpulkan atap limas yang dimaksud justru dibangun belakangan. Setidaknya penelitian Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) pada 21 Januari 2017 lalu menemukan penanggalan tahun pembuatan bangunan yang ditulis dalam aksara Arab.

Hilmar Farid Minta Potensi Sejarah Rempah di Aceh Terus Digali

Letak geografis Aceh di silang jalur pelayaran dunia dan Kerajaan Samudra Pasai abad ke 13 sebagai Kerajaan Islam pertama di Nusantara, menurut Ahmad Mahendra, pastinya meninggalkan situs sejarah yang menguatkan Aceh sebagai ujung tombak jalur rempah dunia.

Arkeolog Temukan Rumah Hunian Tertua di Dunia

Arkeolog mengatakan tempat hunian di Gua Wonderwerk di Gurun Kalahari, Afrika Selatan, adalah rumah bagi manusia purba dua juta tahun lalu, menjadikannya "rumah tertua dalam sejarah manusia".

Infografis Gempa di Indonesia Sepanjang April 2021

Gempa berkekuatan 4,8 SR kembali mengguncang Aceh pada Senin, 3 Mei 2021. Informasi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh menyebutkan pusat gempa berada di 94 Kilometer barat daya Kota Sabang dengan kedalaman 49 Km. 

Pesona Ramadan: Masjid Al Munawwarah Kota Jantho

Tujuh pilar penyangga yang lagi-lagi berkelir putih menyambut jamaah di bagian depan bangunan masjid tersebut. Ke tujuh pilar itu diapit oleh dua pasang jendela yang memiliki ventilasi ukiran khas Timur Tengah.

Pemerintah Aceh Diminta Gagas Qanun Kebudayaan dan Cagar Budaya

Aceh itu kaya akan peninggalan sejarah dan memiliki kebudayaan tinggi. Jangan biarkan semua ini musnah. Kepedulian dari relawan seperti MAPESA oke, tapi tanggungjawab bersama juga harus ada. Maka qanun adalah suatu keharusan

Peristiwa Besar Umat Islam di Bulan Ramadan

BANYAK peristiwa penting yang terjadi dalam bulan Ramadan bagi umat Islam, baik di masa Rasulullah hingga zaman modern. Berbagai peristiwa itu kelak menjadi kunci...

Biden Usik Kekaisaran Ottoman, Erdogan Berang

Pernyataan ini cukup mengejutkan, mengingat presiden AS sebelumnya seperti Barack Obama dan Donald Trump, menolak frase genosida karena dinilai akan merusak hubungan diplomasi Amerika dengan Turki.

Fakrurrazi Quba Pastikan Bertahan di Persiraja

Sebelum memperpanjang kontrak dengan Persiraja Banda Aceh, Fakrurrazi Quba santer dikabarkan diminati Persis Solo dan beberapa tim lain.

Australia Sambut Baik Pertemuan Pemimpin ASEAN tentang Krisis Myanmar

Australia memandang ASEAN sebagai inti dari Indo-Pasifik yang terbuka, stabil, dan tangguh. Ini memiliki peran penting untuk dilakukan dalam memetakan jalan keluar dari krisis saat ini.