ARTIKEL TERBARU

Lambadeuk Diharap Jadi Kampung Wisata Lebah Madu

GAMPONG Lambadeuk diharapkan dapat menjadi destinasi pusat edukasi pengembangan lebah madu serta menjadi kampung wisata lebah madu. Hal itu...

Isu Lingkungan Berbasis Data

ALIANSI Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh bersama Forum Konservasi Leuser (FKL) menggelar pelatihan Jurnalistik Meliput Isu Lingkungan Berbasis Data. Pelatihan tersebut diikuti...

Data Gugus Tugas: Penderita Meninggal Dunia Akibat Covid-19 di Aceh Bertambah

Data Gugus Tugas Covid-19 Aceh juga diketahui terdapat 11 kasus baru di Aceh. Dari jumlah itu, tiga orang diantaranya dilaporkan meninggal dunia.

Diwana Singkat ke Gedung Sentral Telepon Belanda

Apalagi keberadaan bangunan ini juga menandai pergantian penggunaan alat komunikasi jarak jauh Belanda di Aceh, dari awalnya menggunakan telegraf.

Foto: Krueng Daroy

Iskandar Muda memerintahkan arsitek kerajaan untuk membelokkan aliran air sungai tersebut menuju Taman Ghairah dan Darud Donya.

Kulat [17]

Abu kemudian melanjutkan bagaimana Belanda sebagai sebuah kerajaan baru yang muncul di Eropa ikut berlayar ke Tanah Melayu. Pada awal-awal proklamasi kemerdekaannya, Belanda memiliki hubungan diplomatik yang baik dengan Kesultanan Aceh. Menurut Abu Keuchik, Aceh bahkan menjadi salah satu kerajaan di dunia yang turut mengakui kemerdekaan Belanda dari Spanyol pada tahun 1815. Namun sebelum kerajaan Belanda terbentuk, beberapa perusahaan dagang dari daerah itu sudah menancapkan kukunya di wilayah Melayu.

Wabah dalam Catatan Sejarah Sumatra

Peristiwa serupa juga pernah terjadi di daerah Sumatra bagian utara. Setelah berhasil mengekspansi wilayah barat Sumatra, Belanda pada tahun 1841 berniat membuka jalan penghubung antara Padang dan Sibolga.

Fraksi PKS: Penanganan Covid-19 di Aceh Belum Maksimal

Fraksi PKS juga mengingatkan Gubernur Aceh untuk tetap memperhatikan insentif tenaga medis yang menangani Covid-19.

Kapal Dua; Objek Wisata Tsunami yang “Merana”

SITUS tsunami "Kapal Dua" yang sempat diperjuangkan untuk objek wisata baru di Kota Banda Aceh kini terkesan terlantar. Dari beberapa kali...

Kabar Kabur Calon Wakil Gubernur

Nama-nama tersebut sering disebut oleh masing-masing internal partai pengusung kepada beberapa awak media, dalam sepekan terakhir. Alasannya beragam, baik karena ketokohan maupun faktor pengalaman.