JAMES BOND 007 atau lebih dikenal James Bond merupakan karakter fiksi yang diciptakan tahun 1953 oleh Ian Fleming, seorang penulis berkebangsaan Inggris. Sebelum filmnya laris dan sukses di seluruh dunia, karakter ini pernah muncul dalam 12 novel.

Setelah Ian Fleming meninggal tahun 1964, novel James Bond dilanjutkan oleh penulis lain. Hingga sekarang sudah 24 film dirilis film terakhirnya Spectre di tahun 2015.

Berkisah tentang agen rahasia Inggris (Secret Intelligence servis disingkat SIS atau lebih dikenal dengan M16) dalam menjalankan misinya, James Bond dicitrakan sebagai seorang pria flamboyan yang dilengkapi dengan peralatan canggih seperti jam tangan mewah dan Aston Martin yang ikonik.

Secara keseluruhan kesuksesan film-film Bond tidak lepas dari aktor yang silih berganti memerankan karakter ini sebut saja nama-nama populer seperti Sean Connery, Roger Moore, Pierce Brosnan dan yg terakhir Daniel Craig.

Dari aktor-aktor yang telah berganti-ganti mungkin hanya Pierce Brosnan yang paling melekat dibenak penonton meski hanya empat film, di mana yang terakhir Die Another Day (2002).

Daniel Craig (img: wartaekonomi.co.id)

Tahun 2005 Daniel Craig resmi melanjutkan peran James Bond, aktor dengan nama lengkap Daniel Wroughton Craig lahir di Inggris pada tahun 1968, dia terhitung sebagai aktor ke 6 yang memerankan James Bond. Awal karirnya dimulai tahun 2001 saat bermain bersama Angelina Jolie dalam film Lara Croft: Tomb Raider.

Terpilihnya Craig awalnya sempat mendapat penolakan dari penggemar, karena rambutnya yang pirang dan terlalu dingin, berbeda dari aktor-aktor sebelumnya, meski demikian Craig membuktikan dia bisa memerankan James Bond dengan baik terbukti dengan meraih berbagai penghargaan.

Terhitung sudah 4 film yang dimainkan oleh Craig, Casino Royale (2006), Quantum of Solace (2008), Skyfall (2012), Spectre (2015), No Time To Die (2020).