Keluarga Tisna di TOP | Foto: Tribunnews.sumsel

KATA bapak saya…” merupakan satu kalimat yang kerap terdengar dari mulut Tisna. “Berangkaaatt…” merupakan kata lain yang menjadi gaya khas Andri Sulistriandri setiap kali memacu sepeda motor Honda Astrea Grand Hitam. Sementara kata “Bibu..uuu..uu” dengan intonasi mengalun khas Sunda ala Tisna juga sudah tak lagi terdengar di serial komedi Tukang Ojek Pengkolan (TOP) produksi MNC Pictures itu.

Ya, Andri Sulistriandri yang menjadi pemeran Sutisna alias Babap sudah pamit dari sinetron komedi Indonesia TOP. Kepergian Tisna ikut memboyong Yuli (Fitri Ayu Maresa) dan Anto.

Tisna hengkang dari serial komedi yang tayang pertama kali pada 2015 itu di tengah pandemi virus corona melanda negeri. Saat itu, syuting TOP sempat jeda beberapa waktu lantaran pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

Peran Andri Sulistriandri sebagai Sutisna telah melekat di hati penggemar TOP. Tidak hanya kalangan tua, kata-kata yang sering diucapkan Tisna bahkan sudah digandrungi oleh anak-anak kecil sekalipun. Sayangnya langkah Andri mengundurkan diri dari TOP telah membuat para fans kecewa.

“Jadi ngakak ceritanya tiba-tiba udah ga ada aja kang Tisna… harusnya tuh ada alur cerita perpisahannya bukan cuman konfirmasi cerita di instagram. Penulis memang berhak si, tapi harus juga memikirkan perasaan penonton setia yg bertahun tahun udah nonton tiba tiba gak ada aja kang Tisna tanpa dibuatin perpisahannya,” tulis akun @damuhaz12 seperti dilansir dream.co.id.

Sementara itu, Andri sang pemeran Tisna diketahui saat ini lebih memilih kembali bermain gitar dan meng-uploadnya di Instagram. Hobi ini sudah lama ditinggalkan Andri semenjak disibukkan dengan proses syuting TOP.

“Keren nggak single lagu terbaru saya… Kalau keren komentar yang keren juga ya… Kalau nggak keren komentarnya ttep keren ya… Susah ini mah asli…,” tulis Andri Sulistriandri dalam akun Instagram miliknya.

Andri setelah pergi dari TOP juga kembali menyibukkan diri dengan mengelola akun YouTube, yang juga telah lama ditinggalkan.

@Tisna TOP

Bermula dari Preman Pensiun

Karakter Sutisna dalam serial komedi Tukang Ojek Pengkolan (TOP) pertama kali terlihat di sitkom Preman Pensiun. Di serial tersebut, Sutisna berprofesi sebagai pedagang buah di bawah perlindungan Kang Bahar.

Awal mula Sutisna bergabung dengan TOP dikisahkan keinginannya hijrah ke Jakarta. Dia kemudian bergabung bersama Ojak (Eza Yayang) dan Purnomo (Furry Setya Raharja) sebagai tukang ojek pengkolan. Selama merantau di Jakarta, Sutisna kemudian berkenalan dengan Yuli (Fitri Ayu Maresa) yang kemudian menjadi istrinya nan cerewet itu.

Serial TOP merupakan salah satu sinetron garapan MNC Pictures yang dinilai mempertunjukkan fakta kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Sinetron ini jauh berbeda dengan serial televisi lain yang kerap mempertontonkan budaya hedonisme dan percintaan anak muda.

Didi Ardiansyah selaku produser TOP terlihat mampu menyajikan problema kaum urban di ibukota dengan cara khas nan kocak. Karakter Tisna pun menjadi pelengkap cerita yang mengesankan, di tengah sikap menyebalkan Purnomo dan karakter baik hati Ojak yang selalu salah di mata Emak Mae (Ranty Purnamasari).

“Yahhh, ngga ada lagi atuh yang bilang Berangkaaaattt,” tulis akun @rikhaay menyesali kepergian Andri “Tisna” Sulistriandri dari TOP.(*)