PENGGUNA aplikasi WhatsApp bakal disibukkan dengan upgrade gawai dan sistem operasi untuk dapat terus menggunakan pesan instan paling populer di dunia tersebut mulai tahun depan. Pasalnya, WhatsApp akan menghentikan dukungannya untuk sejumlah ponsel berbasis Android dan iOS.

Melansir laman resminya, WhatsApp menyebutkan mulai tahun depan aplikasi pesan instan ini hanya dapat digunakan melalui ponsel berbasis Android 4.0.3 atau yang terbaru.

Sementara untuk perangkat iPhone hanya dapat menggunakan WhatsApp bagi yang telah menjalankan iOS 9 ke atas.

Pengguna ponsel HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr dan Samsung Galaxy S2 merupakan sederet produk yang bakal kehilangan akses menggunakan WhatsApp. Hal ini disebabkan ponsel-ponsel tersebut masib menggunakan versi Android di bawah 4.0.3.

Bagi pengguna perangkat iOS generasi iPhone 4 dan generasi sebelumnya pun bakal tak dapat mengakses aplikasi WhatsApp lagi. Pengguna iPhone 4S, 5, 5S, 5C, 6 dan 6S harus memperbarui sistem operasi iOS 9 ke atas jika memang masih menggemari berbagi pesan instan melalui WhatsApp di tahun mendatang.

“Untuk pengalaman terbaik, kami sarankan Anda untuk menggunakan versi perangkat lunak terbaru Android atau iOS dan semua perangkat lunak lain yang kompatibel,” cuit WhatsApp.[]