PONSEL menjadi media paling rentan dalam penyebaran virus corona terhadap manusia. Apalagi gawai satu ini intens dipakai dan berisiko menyimpan kotoran pada permukaannya.

Ilmuwan telah menganjurkan salah satu cara pencegahan virus corona adalah rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Lantas bagaimana dengan ponsel yang juga rentan menjadi media penularan virus?

BBC pernah melansir beberapa langkah bagi kita untuk membersihkan ponsel dengan air dan sabun secara aman, tanpa merusak gawai tersebut. Pertama, ponsel dinonaktifkan. Kemudian cabut kabel yang masih tersambung. Setelah itu, lepas charge ponsel Anda.

Siapkan sabun cuci tangan atau sabun rumah tangga lain serta kain microfiber. Sebelum membersihkan ponsel, pastikan Anda terlebih dahulu mencuci tangan dengan air sabun.

Selanjutnya adalah membasahi kain microfiber dengan sabun dan air. Lalu usapkan secara lembut ke ponsel Anda. Jangan sampai terkena lubang pada ponsel.

Terakhir adalah mengeringkan gawai dengan kain microfiber yang bersih atau kain lembut. Hangan lupa juga untuk mencuci casing ponsel sebelum dipasang kembali.(*)