KAWASAN ini berada di wilayah administratif Kabupaten Aceh Besar. Berada di kaki bukit Seulawah Inong, membujur dari Blang Bintang hingga Krueng Raya. Nuansa di sini masih terbilang asri. Warna hijau mendominasi dengan bentang alam yang menyajikan pemandangan punggung bukit dan Samudera Hindia serta Selat Malaka.


Bergerak ke kawasan ini tak lagi menyusahkan seperti dulu. Aspal hitam yang mentereng–meskipun masih jauh dari kesan sempurna–sudah terhampar dari daratan paling rendah hingga ke lembah yang sunyi. Beberapa lahan kosong yang dulu hanya ditumbuhi semak belukar pun kini mulai dipergunakan oleh warga setempat. Ada yang menyulap kawasan perdu liar menjadi perkebunan serai wangi, juga ada yang nekat menanam kurma di wilayah ini.


Pandemi virus corona yang menyasar negeri membuat banyak orang lebih memilih tinggal di rumah. Rasa bosan karena terkurung dengan semua aktivitas yang ada, tentu membuat manusia mudah jengah. Inilah yang membuat SumateraPost.com berinisiatif untuk menyajikan keindahan alam negeri kita dari balik lensa ke rumah Anda.



Objek yang disajikan kali ini adalah beberapa kuntum bunga liar, yang sering kita dapatkan di sekitar jalan. Namun karena rutinitas yang membosankan, keindahan alam tersebut luput dari perhatian kita semua.


Bunga-bunga liar berwarna hijau, merah, ungu, dan kuning sangat membantu rasa bosan karena bertahan dari pandemi. Kita butuh semangat baru. Butuh imunitas lebih agar pikiran tidak “membunuh” imun tubuh sehingga mudah terserang wabah.

Biji-bijian dan buah-buahan dari tumbuhan liar pun seakan membungkus warna nan mempesona. Sayangnya kami tidak mengetahui secara pasti keseluruhan nama bunga dan tumbuhan liar itu, yang diantaranya bahkan kerap dipergunakan sebagai obat herbal nan tradisional di negeri kita sendiri.

Dan keindahan itulah yang kami rekam untuk Anda kali ini dalam tajuk “Pesona Lembah Seulawah”. Selamat menikmati![]

Teks dan foto: Boy Nashruddin Agus