PERISTIWA hari ini menjadi sejarah di masa mendatang yang akan diingat selalu oleh generasi penerus, baik itu sejarah kelam maupun sejarah kejayaan. Pada 3 Januari menurut almanak Masehi, terdapat sejumlah peristiwa yang masuk dalam catatan sejarah di dunia.

Lalu sejarah apa saja yang terjadi pada 3 Januari ini?

Berikut sejumlah rangkuman yang dilansir sumaterapost.com dari berbagai sumber:

3 Januari 1496

Leonardo da Vinci mengalami kegagalan dalam percobaan alat terbang. Sebenarnya Da Vinci tidak pernah membuat rancangannya menjadi sebuah alat sama sekali. Sepanjang hidupnya, Da Vinci pun tidak pernah membuktikan bahwa manusia bisa terbang karena dirinya belum pernah mencobanya.

3 Januari 1777

Perang Revolusi Amerika Serikat: Pasukan Amerika Serikat dipimpin Jenderal George Washington mengalahkan pasukan Inggris dipimpin Jenderal Lord Cornwallis dalam Pertempuran Princeton.

3 Januari 1815

Austria, Britania, dan Perancis membentuk traktat pertahanan terhadap Prusia dan Rusia. Langkah itu bertujuan untuk mempersiapkan diri menghadapi ancaman keamanan dari Rusia dan Prusia.

3 Januari 1823

Stephen F. Austin menerima hibah tanah di Texas dari pemerintah Meksiko, yang menjadi cikal bakal Republik Texas dan negara bagian Texas di kemudian hari. Austin kemudian diberi julukan Father of Texas. Kini, wilayah tersebut merupakan negara bagian di Amerika Serikat (AS).

3 Januari 1833

Britania menguasai Kepulauan Falkland di Atlantik Selatan, dekat Argentina. Kepulauan tersebut kemudian diperebutkan Inggris dan Argentina sehingga memicu meletusnya Perang Falkland atau Perang Malvinas pada 1982. Namun demikian, Kepulauan Falkland masih menjadi wilayah kekuasaan Inggris hingga kini.

3 Januari 1848

Joseph Jenkins Roberts dilantik sebagai presiden pertama Liberia.

Joseph Jenkins Roberts lahir pada 15 Maret 1809. Dia adalah seorang pedagang Afrika-Amerika yang berimigrasi ke Liberia pada tahun 1829, di mana ia menjadi politisi terkenal.

Pada 3 Januari, Joseph terpilih sebagai Presiden Liberia pertama (1848–1856) dan ketujuh (1872–1876) setelah kemerdekaan. Joseph menjadi orang pertama keturunan Afrika yang memerintah negara. Sebelumnya dia juga menjabat sebagai gubernur dari tahun 1841 hingga 1848.
Robert lahir dan merdeka dari status budak di Norfolk, Virginia.

Setelah Roberts beremigrasi sebagai seorang pemuda dengan ibu, saudara kandung, istri, dan anaknya ke koloni muda Afrika Barat, dia kemudian membuka perusahaan perdagangan di Monrovia dan kemudian terlibat dalam politik.

Setelah Liberia merdeka pada 26 Juli 1847, Roberts terpilih sebagai presiden pertama negara itu, melayani sampai 1856. Pada 1872, dia terpilih lagi untuk melayani sebagai presiden ketujuh Liberia.

Joseph Jenkins Roberts tutup usia pada 24 Februari 1876.

3 Januari 1861

Perang Sipil Amerika Serikat: negara bagian Delaware memilih untuk tidak memisahkan diri dari Amerika Serikat.

3 Januari 1868

Restorasi Meiji di Jepang: Shogunat Tokugawa dihapus; agen-agen Satsuma dan Chōshū mengambil alih kekuasaan.

3 Januari 1871

Henry Bradley, seorang kimiawan, di Binghamton, New York, mematenkan margarin, yang disebutnya campuran untuk penggunaan hal urusan dapur. Adapun nomor hak patennya adalah US Patent No. 110,626.

3 Januari 1885

Perang China – Perancis: Pertempuran Núi Bop dimulai.

3 Januari 1888

Sedotan ditemukan dan dipatenkan oleh Marvin Stone dari Washington.

3 Januari 1919

Dalam Konferensi Perdamaian Paris, Emir Faisal I dari Irak menandatangi perjanjian dengan pemimpin Zionis Chaim Weizmann tentang pembagian tanah Yahudi di Palestina dan bangsa Arab di sebagian besar wilayah Timur Tengah.

3 Januari 1925

Benito Mussolini mengumumkan pemerintahan kediktatoran fasis di Italia. Mussolini yang memimpin Italia sejak 1919 juga menyatakan bertanggung jawab atas beberapa tindak kekerasan yang menyasar warga sipil di beberapa daerah Italia.

3 Januari 1932

Sejumlah kerusuhan yang disebabkan buruh di Honduras memicu pemerintah menetapkan status darurat militer di negara tersebut. Penetapan status itu bertujuan untuk menghentikan kerusuhan yang terus terjadi setelah pada buruh di United Fruit Company—perusahaan buah asal AS—banyak yang dipecat.

3 Januari 1945

Perang Dunia II: Laksamana Chester W. Nimitz diangkat sebagai panglima Angkatan Laut Amerika Serikat di Pasifik dalam persiapan penyerangan atas Iwo Jima dan Okinawa di Jepang.

3 Januari 1946

Presiden Ir. Soekarno memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta karena alasan keamanan setelah pendaratan pasukan Sekutu di Jakarta yang diboncengi oleh pasukan kolonial Belanda (disebut NICA, Netherlands Indies Civil Administration).

3 Januari 1957

Jam tangan (arloji) elektrik pertama di dunia diperkenalkan di Lancaster.

3 Januari 1959

Alaska masuk sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-49.

3 Januari 1969

Michael Schumacher lahir di Hurth, Jerman Barat. Ia kemudian dikenal sebagai salah satu pembalap Formula 1 paling sukses sepanjang sejarah. Tercatat ia sudah tujuh kali meraih gelar juara dunia di ajang tersebut. Schumacher menyatakan pensiun dari Formula 1 pada 2012 silam.

3 Januari 1969

Album baru milik John Lennon, Two Virgins, disita di Bandara Newark, New Jersey, Amerika Serikat (AS) setelah ada seseorang yang membawanya. Hal itu dikarenakan sampul kaset pada album tersebut menampilkan John Lennon dan Yoko Ono yang telanjang. Album tersebut lantas tak mendapatkan izin edar di AS karena dianggap memuat konten porno. Toko kaset di Chicago yang menjual album tersebut juga ditutup oleh otoritas setempat.

3 Januari 1977

Apple Computer menjadi perusahaan

3 Januari 1990

Diktator Panama Manuel Noriega menyerah kepada pasukan Amerika Serikat yang menginvasi negerinya.

3 Januari 1993

Presiden Amerika Serikat George Bush dan Presiden Federasi Rusia Boris Yeltsin menandatangani Pakta Pengurangan Senjata Strategis atau Strategic Arms Reduction Treaty (START) kedua di Moskow, Rusia.

3 Januari 1994

Lebih dari 7 juta warga dari bekas wilayah Bantustan (homeland) resmi menjadi warganegara Afrika Selatan sebagai bagian dari penghapusan kebijakan apartheid.

3 Januari 1996

Motorola StarTAC, telepon lipat (flip phone) pertama dan salah satu telepon bergerak pertama di dunia yang mendapat respon pasar yang luas, mulai dijual.

3 Januari 1984

Kebocoran pabrik kimia Union Carbide di kota Bhopal, India. Ratusan orang tewas akibat gas beracun dari pabrik itu.

3 Januari 1999

Aparat keamanan menggerebek sejumlah rumah di Desa Pusong dan Kandang, Lhokseumawe gedung KNPI di Aceh Utara. Penggerebekan di dua desa ini mengakibatkan beberapa orang tewas tertembak dan puluhan lainnya terluka.

Mereka korban luka dan yang tertangkap aparat keamanan dari kedua desa ini lalu dibawa ke penahanan sementara di lingkungan Markas Komando Resort Militer 011 Lilawangsa di Lhokseumawe. Aparat keamanan kembali menyisir perkampungan pada 9 Januari 1999 dan menangkap 40 warga. Sama seperti yang telah ditangkap sebelumnya, para warga sipil ini lalu ditahan pula di gedung KNPI.

Pada tanggal 9 Januari 1999 bersamaan dengan masuknya waktu berbuka puasa di Lhokseumawe dan para tahanan menerima ransum berbuka. Tidak lama setelah itu kedalam aula penahanan masuklah puluhan tentara yang beringas lalu mereka mulai menganiaya para warga yang baru saja selesai berbuka puasa.

Penganiayaan tersebut tidak mampu diatasi oleh petugas provost yang menjaga para tahanan sehingga akibatnya 2 orang tahanan tewas seketika akibat tidak mampu menahan siksaan para penganiaya. Segera setelah keberingasan para tentara muda itu berhasil diatasi maka puluhan tahanan yang mengalami luka ringan dan berat diangkut ke rumah sakit dan disana 3 tahanan lainnya menyusul meninggal dunia dalam perawatan akibat penganiayaan berat yang mereka alami.

Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh rentetan beberapa kejadian sebelumnya yang berkaitan dengan pemberontakan GAM di Aceh selepas pencabutan status Daerah Operasi Militer beberapa bulan sebelumnya. Ketika aparat keamanan menyerbu dan mengepung permukiman penduduk di Kandang, di mana pada saat itu aparat keamanan sedang mencari keberadaan kelompok sipil bersenjata pimpinan Muhammad Rasyid atau lebih dikenal sebagai Ahmad Kandang.

Pada penyerbuan disebutkan 11 orang juga tewas, tetapi Ahmad Kandang dan kelompoknya berhasil meloloskan diri dari sergapan aparat keamanan. Dari desa Kandang yang berada di pinggiran kota Lhokseumawe itu aparat keamanan menahan 39 orang serta mengamankan bendera bulan bintang milik Gerakan Aceh Merdeka dari sebuah mushalla.

3 Januari 2000

Komik strip “Peanuts” yang terakhir dibuat oleh Charles Schulz dipublikasikan.

3 Januari 2015

Gerilyawan Boko Haram membumihanguskan seluruh Kota Baga di timur laut Nigeria. Selain itu, anggota Boko Haram juga memulai pembantaian selama empat hari yang menewaskan sekitar 2.000 orang di wilayah tersebut. Serangan itu membuat wilayah kekuasaan Boko Haram di Nigeria semakin luas.

Selain catatan di atas, tentu masih banyak yang terjadi pada 3 Januari sepanjang tahun, di berbagai belahan dunia. Apakah Anda ingat peristiwa apa yang patut dicatat dalam sejarah di daerah Anda selain hal tersebut di atas?[]