img: franchiseglobal.com

Beberapa tahun belakangan usaha warkop memang sedang ngetrend, baik di kota-kota besar hingga hingga di daerah-daerah, di tanah air ada beberapa daerah yg memiliki budaya ngopi yg kuat seperti di Aceh misalnya, ada berbagai konsep dgn target pengunjung yg beragam, dari warkop biasa, cafe hingga kedai kopi kekinian, dsb.

Dari pengakuan beberapa orang-orang yg gemar ngopi ada beberapa hal yg yg membuat warkop menjadi ramai dan maju.

Cita Rasa

Dalam bisnis makanan/minuman cita rasa adalah satu pertimbangan utama pelangga, terutama orang-orang yg mengerti mana kopi enak mana yg tidak, meski hal ini juga relatif. Meskipun ada warkop yg tetap ramai meski cita rasa kopinya biasa saja, tempat-tempat seperti ini biasanya tidak memiliki pelanggan tetap.

Tempat yg Nyaman

Selain soal cita rasa kenyamanan merupakan faktor yg juga penting untuk kelangsungan sebuah warkop, sehingga menjadi ramai hingga orang-orang menjadi betah dan merekomendasikan ke orang lain.

Harga Wajar

Persoalan harga tak pernah bisa lepas dari bisnis apapun itu, orang-orang akan selalu membandingkan antara harga dan apa yg didapat. Di tempat-tempt tertentu seperti di kota misalnya harga yg tinggi tidak jadi soal, namun lain halnya di daerah dgn daya beli masyarakat rendah. Namun ada satu hal yg bisa digunakan untuk menentukan harga yaitu harga pasar.

Pelayanan

Setiap bisnis yg melibatkan hubungan manusia tentu sangat erat kaitannya dgn masalah pelayanan, seperti di bisnis warkop misalnya tak sedikit pelanggan yg mencari warkop lain atau tak lagi berlangganan hanya karena pelayanannya yg kurang merespon pelanggan.

Fasilitas

Saat ini warkop dgn fasilitas wifi saat mudah kita jumpa, mulai dari perkotaan hingga di daerah, tak cuma itu ada juga yg memiliki tempat shalat meski sangat sederhana, keberadaan fasilitas ini tak lain agar orang-orang bisa bekerja, dan tak perlu keluar untuk beribadah, namun keberadaan fasilitas seperti wifi juga memberikan dampak negatif jika pemasukan tidak sejalan dgn biaya yg di keluarkan untuk fasilitas tsb.

Chemistri

Layaknya sebuah hubungan cinta pelanggan warung kopi terkadang sudah merasa nyaman sehingga enggan untuk pindah ketempat lain, apalagi jika warkop tersebut sudah memenuhi faktor-faktor diatas, menyediakan berbagai menu yg cukup.