Saat Changi Jadi Meeting Point Pendukung 'Garuda Muda'

Banyak fans tim nasional Indonesia U-19 berangkat ke Myanmar untuk mendukung 'Garuda Muda' di Piala Asia. Bandara Changi Singapura seakan menjadi meeting point dadakan buat para suporter tadi malam.

Timnas U-19 akan melakoni laga pertama di Piala Asia 2014 melawan Uzbekistan di Thuwunna Stadium, Yangon, Jumat (10/10/2014) sore WIB. Satu hari menjelang laga itu, para pendukung Evan Dimas dkk. mulai berdatangan ke Yangon.

Para suporter itu berasal dari bermacam kalangan, ada pendukung klub Liga Indonesia, pekerja swasta, hingga budayawan.

Seorang anggota sebuah forum diskusi suporter asal Surabaya, Annas Taufan, menjadi pendukung timnas U-19 pertama yang ditemui detikSport.

Berawal dalam sebuah obrolan di kedai kopi, beberapa suporter lainnya lantas mulai bergabung. Puncaknya, terjadi di pintu keberangkatan terminal 2, gate F52 bandara Changi.

Kira-kira ada 15-an orang yang berniat mendukung timnas U-19 yang langsung terlibat dalam obrolan akrab di ruang tunggu keberangkatan.

"Ini semua dari Indonesia yang mau mendukung timnas U-19?" tanya seorang pendukung timnas U-19 asal Bekasi, Budi.

Pebincangan sekitar hotel tempat menginap, serta tukar-menukar nomor ponsel lantas menjadi pokok bahasan sambil menunggu jam keberangkatan.

Ada satu sosok yang familiar dalam para suporter yang akan bertolak ke Myanmar itu. Budayawan Emha Ainun Nadjib, juga tak mau ketinggalan untuk mendukung timnas U-19.

"Saya mau mendukung timnas," ucap pria yang akrab dipanggil Cak Nun itu singkat dalam perbincangan dengan detikSport.

"Saya turut ke Myanmar untuk menemani bapak," ujar sang istri, Novia Kolopaking. Bukannya tanpa sebab Cak Nun mau jauh-jauh datang ke Myanmar untuk mendukung tim besutan Indra Sjafri itu. Saat menjalani training camp di Yogyakarta, ternyata timnas U-19 cukup sering untuk berkunjung ke rumah Cak Nun yang juga berada di kota Gudheg itu.

Sesi foto bersama pun menjadi penutup obrolan-obrolan itu sebelum akhirnya ada panggilan untuk memasuki pesawat. Satu keyakinan tinggi akan prestasi yang akan dicapai timnas U-19 pun terucap dari salah seorang suporter itu.

"Saya yakin timnas U-19 bisa menembus babak semifinal untuk bisa meraih tiket ke Piala Dunia U-20," ujar Annas.[] sumber: detik.com