Gunung Api Peut Sagoe dan Rentetan Letusannya

BERDASARKAN data dasar gunung berapi Indonesia, Direktorat Vulkanologi, K. Kusumadinata 1979 menetapkan gunung Peuet Sagoe di Wilayah Kabupaten Pidie adalah gunung api Aktif tipe Stato. Sejak 1918, Peuet Sagoe telah menampakkan aktivitasnya dan pada tanggal 25 September 1919, terlihat asap putih mengepul di bagian puncak barat gunung tersebut.

Pada bulan Mei tahun 1920, telah terjadi letusan dengan mengeluarkan asap dan semburan api yang diikuti dengan hujan abu tebal dan gumpalan asap tebal dan suara gemuruh, pada tanggal 22 Mei 1920. Kejadian ini bisa dibuktikan dengan adanya perubahan bentuk puncak gunung api pasca meletus di sebelah utara gunung tersebut.

Pada bulan Desember 1924, dilaporkan oleh Numan Van Padang adanya aktivitas vulkanik, berupa lima asap hitam berbentuk tiang dan disertai suara ledakan letusan. Sementara pada tanggal 10 Februari1979, Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie melaporkan adanya semburan api dan suara gemuruh.

Guna mengamati gunung berapi tersebut secara dekat, bisa ditempuh dengan perjalanan selama lima hari dari gampong terakhir, pemukiman transmigrasi (SP V). Jarak gampong tersebut lebih kurang 10 Km dari pusat Kecamatan Geumpang.

"Selama pendakian, tim tidak mendapati kesulitan meskipun gunung api tersebut di kategorikan gunung berbahaya. Artinya, gunung api indentik dengan gas beracun," ujar salah seorang tim Aceh Tracker Community, Atahila Atai kepada The Atjeh Post pada Sabtu 8 September 2012.

Aceh Tracker Community sendiri merupakan sebuah komunitas yang mempunyai komitmen, menginventarisir jalur-jalur pendakian normal pada setiap gunung api yang memiliki potensi. Baik gunung api yang mempunyai kepentingan wisata, penelitian serta kawasan konservasi.

Berdasarkan pengalaman Aceh Tracker Community sendiri, meskipun gunung api Peut Sagoe berpotensu mengeluarkan gas beracun, namun hal tersebut tidak dialami oleh mereka pada saat melakukan pendakian.

"Saat pendakian tidak terjadi gangguan yang berakibat fatal. Namun, (sudah) semestinya harus tetap waspada," katanya.[]

Latest Posts